2021, Bayar Tol Tanpa Berhenti

Jakarta, Sumselupdate.com-Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menerapkan teknologi transaksi pembayaran tol non-tunai tanpa sentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) secara terbatas pada 2021.

Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, jika penerapan teknologi nirsentuh pembayaran tol akan dilakukan secara bertahap. “Mungkin dimulai di Jawa,” ujar, Jumat (10/7/2020).

Bacaan Lainnya

Dia mengatakan, pada tahap awal pengimplementasian sistem MLFF tersebut akan diterapkan di jalan tol berdasarkan lingkup wilayah semisal Jabodetabek, bukan per ruas tol.

“Per wilayah akan menjadi pilihan, bukan ruas. Ini yang akan jadi usulan para peserta tender,” ujar Danang.

Saat ini, BPJT telah membuka proses pelelangan bagi investor yang tertarik. Proses prakualifikasi lelang tersebut sudah dimulai sejak 8 Juli 2020. “Prakualifikasi lelang sudah dimulai,” kata dia.

Multi Lane Free Flow merupakan transaksi pembayaran tol yang dilakukan dalam kecepatan normal dengan menggunakan teknologi nirsentuh. Sehingga, kendaraan tak perlu berhenti untuk membayar tol.(adm/lip6)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.