Wow! NASA Temukan Galaksi Kanibal, Akankah Bisa Sakti Terancam?

Ilustrasi

Jakarta, Sumseludate.com – Bukan cuma makhluk hidup yang kanibal, galaksi pun juga ada yang mempunyai sifat memakan sesamanya. Akankah galaksi Bima Sakti atau Bumi terancam oleh kehadirannya?

Baru-baru ini Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menemukan sebuah galaksi dengan label paling terang yang pernah ditemukan. Bukan soal penemuannya yang jadi daya tariknya, tetapi sifat galaksi tersebut yang berbeda dari lainnya yang sudah ditemukan sejauh ini.

Bacaan Lainnya

Kumpulan bintang tersebut ternyata kanibal. Ia memangsa paling tidak tiga tetangganya yang sesama galaksi, di mana ukurannya lebih kecil darinya. Hal tersebut yang membuatnya menjadi sangat terang.

Galaksi yang dimaksud bernama WISE J224607.55-052634.9. Mungkin terdengar sulit untuk diingat. Untuk itu agar lebih singkat, peneliti memanggilnya W2246-0526.

Bila dibandingkan dengan Matahari, W2246-0526 masih jauh lebih terang. Perbandingannya bisa sampai 350 triliun kali lipat tingkat kecerahannya.

Selain itu, ia merupakan kumpulan bintang paling besar yang diketahui. Di samping itu, terdapat lubang hitam yang besarnya sekitar empat miliar kali dari Matahari.

Lantas, mengapa mereka memangsa sesama galaksi? Sebagaimana tercantum dalam situs resminya, NASA menjelaskan bahwa W2246-0526 membutuhkan energi yang besar untuk menghasilkan cahaya. Sekadar info, cahayanya tidak hanya berasal dari bintang, tapi juga gas dan debu.

Kabar baiknya, galaksi yang penuh rasa lapar ini posisinya cukup jauh dari Bumi. Cahayanya butuh waktu sekitar 12,4 miliar tahun untuk menjangkau kita.

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.