Wow! Ibu-Ibu ini Antusias Ikuti Kegiatan ‘Intip Vagina Anda’

Kamis, 12 Mei 2016
Camat Peninjauan beserta pihak terkait saat memberikan sosialisasi penyakit IVA di desa Kedondong

Baturaja, Sumselupdate.com –Puluhan ibu-ibu di Kecamatan Peninjauan, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) antusias mengikuti kegiatan ‘Intip Vagina Anda (IVA).

Kegiatan IVA ini merupakan rangkaian pembinaan posyandu sekaligus sosialisasi dan pelayanan pemberian vaksin inspeksi vagina dengan asam asetat, Kamis (12/5).

“Pada awalnya masih banyak (ibu-ibu) yang takut dan malu. Namun setelah diberikan sosialisasi pemahaman dan penjelasan akan arti penting serta manfaat IVA bagi perempuan, antusiasme cukup tinggi terlebih setelah dijelaskan bahwa pelayanan IVA ini gratis,” kata Camat Peninjauan, Feri Iswan AP, MSi.

Menurut Feri, kanker serviks atau kanker mulut rahim menjadi momok menakutkan bagi para perempuan, meski kasusnya belum begitu banyak terjadi di Kabupaten OKU, namun kecamatan Peninjauan telah mengantisipasi hal tersebut dengan memberikan pembinaan posyandu di beberapa desa.

Dikatakannya, program IVA ini melibatkan puskesmas terdekat dari masing-masing desa. “Agar lebih mudah diingat, IVA kami ubah dengan ‘Intip Vagina Anda’ dan kegiatan ini kita mulai dari Desa Kedondong, Kecamatan Peninjauan”kata Feri, kamis (12/5).

Lebih jauh dikatakanya, untuk pencegahan dini,  kanker serviks atau kanker mulut rahim dapat dilakukan tes, namun ada cara lain yakni dengan pap smear. Namun, cara itu cukup mahal dan membutuhkan waktu untuk mengetahui hasilnya.

Pastinya, kata dia lagi, sasaran dari program IVA ini adalah wanita usia subur dan tidak berlaku bagi ibu-ibu lansia. (yan)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.