Wartawan ‘Sumselupdate.com’ Juara Lomba Karya Jurnalistik SKK Migas-LPDS

Pemenang Lomba Karya Jurnalistik yang digelar Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) bekerja sama dengan Lembaga Pers Dr Soetomo (LPDS).

Laporan: Edwar Heryadi

Palembang, Sumselupdate.com – Wartawan media online ‘Sumselupdate.com’ berhasil meraih juara kedua dalam Lomba Karya Jurnalistik yang digelar Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) bekerja sama dengan Lembaga Pers Dr Soetomo (LPDS).

Bacaan Lainnya

Hasil ini diumumkan dalam acara Pengumuman Hasil Lomba Jurnalistik dan Sosialisasi Verifikasi Perusahaan Pers yang dgelar secara virtual melalui aplikasi Zoom, Minggu (22/11/2020).

Tampil sebagai Key Note Speakers Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel, Andiyanto Agus Handoyo diwakili Kepala Departemen Humas SKK Migas Sumbagsel, Andi Arie Pangeran.

Kemudian, Direktur Eksekutif LPDS, Hendrayana, SH, MH,  Kordinator Juri, A.A.A Aribowo, Anggota Dewan Pers, Ahmad Djauhar, dan Pokja Pendataan Dewan Pers, Winarto. Sedangkan moderator dalam kegiatan ini Baskoro dari Lembaga Pers Dr Soetomo (LPDS).

Dalam karya tulis jurnalistik untuk wilayah Sumsel tersebut, Edwar Heryadi meraih total nilai 230 dengan karya tulis berjudul Industri Hulu Migas Hadir Membantu Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19.

Sedangkan juara pertama direbut Al-Azhar dari Harian Enim Ekspres dengan nilai total 234 berjudul Hulu Migas Dukung Pembangunan Daerah, Peduli di Tengah Pandemi.

Sedangkan juara ketiga Dwi Apriani dari media online Mattanews.co dengan nilai 225,5 yang karya tulis berjudul Padam di Tengah Pandemi SKK Migas Sumbagsel Konsisten Tebar Bantuan Bagi Masyarakat dan juara keempat disabet Tasmalinda dari Suara.com/suarasumsel.id dengan nilai 223 dengan karya berjudul Eukaliptus Pelangi Guna Merawat Bumi Meski di Masa Pandemi.

Pengumuman Hasil Lomba Jurnalistik dan Sosialisasi Verifikasi Perusahaan Pers yang dgelar secara virtual melalui aplikasi Zoom, Minggu (22/11/2020).

Sedangkan untuk wilayah Jambi pemenang pertama diraih Muhammad Surtan dari Onlinejambi, juara kedua Dodi Saputra dari Antaranews, juara ketiga Doddi Irawan dari Infojambi.com, dan juara keempat disabet oleh Ikzal Ferdiyal dari Metrojambi.com.

Kordinator Juri yang juga Kepala Program LPDS, A.A.A Aribowo mengatakan, kompetisi lomba karya jurnalisitik dengan tema ‘Efek Positif Industri Hulu Migas di Era Pandemi Covid-19 diikuti 23 jurnalis di wilayah Sumsel dan Jambi dengan 33 jumlah karya tulis.

Menurut Aribowo ada lima aspek penilaian untuk menentukan para pemenang, yakni aspek analisa, kelengkapan isi, akurasi, teknik penulisan, dan tata bahasa.

Aribowo mengatakan tim juri terkesan dengan kesungguhan teman-teman wartawan dalam mengikuti lomba ini.

“Ini satu tanda bahwa teman-teman wartawan menunjukkan bahwa profesional dalam jurnalisme perlu terus ditingkatkan dengan menulis dan menghasilkan konten-konten yang diterima audien sekarang. Tapi jangan lupa konten berkualitas perlu dibarengi dengan upaya melakukan verifikasi. Sebab verifikasi merupakan lokomotif bagi gerbang jurnalisme profesionalisme,” kata wartawan senior LKBN Antara ini.

Sedangkan Kepala Departemen Humas SKK Migas Sumbagsel, Andi Arie Pangeran mengatakan, kegiatan lomba karya tulis jurnalistik ini sangat tepat dilakukan sebagai upaya memupuk sinergisitas antara rekan-rekan media dengan KKKS dan mitra kerja SKK Migas.

Pengumuman Hasil Lomba Jurnalistik dan Sosialisasi Verifikasi Perusahaan Pers yang dgelar secara virtual melalui aplikasi Zoom, Minggu (22/11/2020).

“Adapun maksud dan tujuan diselenggarakannya dari kegiatan kompetisi ini, merupakan kelanjutan program pembekalan sebelumnya dari LPDS-SKK Migas dengan menghadirkan pembicara Helmi Yahya. Tujuan lain untuk mengasah kompetensi dan kapasitas teman-teman jurnalis tentunya sembari mengangkat dan menyebarkan informasi mengenai hulu migas beserta dampak atau efek berganda bagi masyarakat di sekitar operasi hulu migas khususnya di wilayah Sumbagsel,” paparnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif LPDS, Hendrayana, SH, MH mengatakan, SKK Migas-KKK3 Sumbagsel berkolaborasi dengan LPDS Dr Soetomo menggelar media kompetisi terkait menghadapi pandemi Covid-19.

Hendrayana mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu sumbangsih bagi kedua lembaga dalam mewujudukan komitmen untuk terus meningkatkan kompetensi dan keterampilan rekan-rekan wartawan agar makin profesional saat merespon situasi seperti saat ini yang terus mengalami perubahan. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.