Warga OKU Temukan Dua Ekor Trenggiling Seberat 15 Kg

Dua ekor trenggiling seberat 15 kilogram ditemukan warga di Jalan Lintas Baturaja, Muara Dua, OKU Selatan, Minggu (15/11/2020). armizi/Sumselupdate

Laporan : Armiziwadi

Baturaja, Sumselupdate.com – Dua ekor trenggiling seberat 15 kilogram ditemukan warga di Jalan Lintas Baturaja, Muara Dua, OKU Selatan, Minggu (15/11/2020).

Saat itu, M. Badariansyah, warga Desa Tanjung Baru, Kecamatan Baturaja Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), bersama keluarga, hendak pulang ke kampung halamannya yang berada di Kisam, Kabupaten OKU Selatan, dengan mengendarai mobil.

Dalam perjalanan, di Jalan Lintas Baturaja, Muara Dua, OKU Selatan, dia menemukan trenggiling berada di tengah jalan. Saat itu cuaca mulai mendung, mau hujan.

Melihat ada trenggiling di tengah jalan dan khawatir membahayakan pengendara sepeda motor atau terlintas mobil, Badariansyah akhirnya menangkap trenggiling tersebut.

Tak lama berselang dari dalam hutan, keluar lagi satu trenggiling, ia pun menngkapnya lalu dimasukkan dalam karung yang kebetulan ada di mobilnya. Meski banyak orang yang meminta trenggiling ini, dia menolak karena tahu betul ini menjadi salah satu binatang langka dan dilindungi. Dia khawatir jika diberikan kepada orang lain, justru diperjual belikan.

Badariansyah yang bekerja di Baturaja, kemudian membawa dua trenggiling itu, dan akan serahkan kepada pemerintah melalui Badan Koservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

“Dua ekor trenggiling yang beratnya 15 kg ini, akan diserahkan ke BKSDA Kabupaten OKU, agar dikembalikan kehabitatnya. Karena trenggiling ini sudah langka dan termasuk salah satu binatang dilindungi,” katanya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.