Warga Lahat Bakal Bisa Nabung Sampah dan Ditarik Jadi Uang

Kepala Bapedda Lahat Feriansyah Eka Putra, ST, MT.

Laporan: A Putra

Lahat, Sumselupdate.com – Sampah merupakan salah satu benda yang pastinya sudah tidak digunakan lagi, karena keberadaannya sangat menggangu bagi masyarakat.

Read More

Terlebih lagi apabila sampah itu sampai berserakan di lingkungan tempat tinggal. Namun hal tersebut tak berlaku di Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Di Kabupaten Lahat sampah bisa bernilai ekonomis bagi masyarakat. Terdapat terobosan terkini yang sifatnya modern yang dapat diakses melalui Aplikasi Cahaya Smart, yakni program Sahabat Sampah.

Program ini bertujuan untuk menjadikan sampah sebagai salah satu sumber penghasilan warga, di samping dapat berdampak terhadap kebersihan lingkungan.

“Insya Allah, kita akan punya program unggulan berupa Sahabat Sampah. Program ini nantinya akan menyasar semua kalangan, bisa dari anak anak usia SD, SMP, SMA, dewasa hingga lansia,” kata Kepala Bapedda Lahat Feriansyah Eka Putra, ST, MT, Selasa (14/12/2021).

Feri mengatakan, program Sahabat Sampah juga terintegrasi dengan Aplikasi Cahaya Smart. Artinya, semua kalangan dapat mengaksesnya dan mengetahui jumlah tabungan yang ada melalui aplikasi Cahaya Smart.

“Semua kalangan ya, mereka bisa semua terlibat. Nanti mereka mengumpulkan sampah, yang bisa ditabung ke pengelola, yang akan dikelola Kelompok Pecinta Lingkungan. Warga dapat melihat besaran tabungan sampah mereka, yang dikonversikan dalam bentuk rupiah, sehingga bisa mengatur waktu penarikan saldo dari menabung sampah itu,” ujar dia.

Sementara itu, Imansyah CEO PT Data Media Integrasi yang berasal dari Kota Malang menuturkan, fitur Sahabat Sampah merupakan salah satu program unggulan dari Aplikasi Cahaya Smart.

“Kita ada 21 program, yang salah satunya yang diunggulkan ini ialah fitur Sahabat Sampah. Kegunaannya lebih dari sekadar bersih-bersih sampah, melainkan dapat membantu meningkatkan pendapatan setiap warga yang mengelola sampah organik maupun unorganik sesuai spesifikasi dari Kelompok Pecinta Lingkungan. Memang inovasi ini sangat besar dampaknya, mulai dari meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya lingkungan bersih, dan juga menambah pendapatan dari apa yang tidak mereka butuhkan lagi, yakni sampah,” tutur dia. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.