Warga Desa Paduraksa Berunjuk Rasa di Pemkab Lahat, Tuntut Kades Segera Salurkan BLT Dana Desa

Massa dari Desa Paduraksa Kecamatan Kikim Timur Kabupaten Lahat, mendatangi Halaman Pemda Lahat, mereka melakukan unjuk rasa menuntut Kades Paduraksa untuk menyalurkan BLT Dana Desa.

Laporan: A Putra

Lahat, Sumselupdate.com РMassa dari Desa Paduraksa, Kecamatan Kikim Timur, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mendatangi halaman Pemkab Lahat. Masyarakat melakukan unjuk rasa menuntut Kades Paduraksa untuk menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa.

Read More

Nata, Koordinator Aksi mengatakan, pihaknya mendesak Pemerintah Desa Paduraksa untuk segera menyalurkan BLT Dana Desa dari bulan Januari hingga Juni 2022.

“Kami mendesak kades untuk segera mencairkan BLT kepada 83 KPM, karena hingga saat ini BLT Dana Desa Paduraksa belum cair,” kata dia, Jumat (24/6/2022).

Nata menambahkan, pihaknya ingin agar fungsi pengawasan dari Pemkab Lahat melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) dijalankan sehingga tidak ada terjadi keterlambatan penyalurannya.

“Fungsi pengawasannya harusnya dilakukan oleh Pemkab, agar tidak terjadi hal seperti ini, kalau sudah seperti ini, kasihan masyarakat yang harusnya mendapatkan BLT, hingga saat ini belum, padahal dana desa susah cair,” ujarnya.

Sementara itu,  Kepala Bidang Administrasi Pemerintahan DPMD Lahat Ari Efendi mengatakan, pihaknya sudah menyalurkan Dana Desa dari Januari hingga Maret 2022.

“Sudah dicairkan dana desanya, kami sebagai fungsi penyaluran dana desa saja, kalau BLT itu wewenangnya ada di pemerintah desa. Sudah dicairkan tiga bulan. Kalau ada yang belum dapat BLT, kami sarankan mereka adakan Musyawarah Desa Khusus (Musdesus), bersama masyarakat untuk membahas mengenai hal ini,” pungkasnya. (**).

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.