Warga Desa Mendah Keluhkan Jalan Rusak, Ini Kata Kadin PUTR OKU Timur

Kepala Dinas PUTR Kabupaten OKU Timur, Aldi Gurlanda.

Laporan: Rahmat Agusman

Martapura, Sumselupdate.com – Jalan yang rusak dan berlumpur dikeluhkan warga Desa Mendah, Kecamatan Jayapura, OKU Timur. Bagaimana tidak, akses jalan utama satu-satunya ini merupakan urat nadi masyarakat dalam beraktivitas, khususnya mengangkut hasil pertanian masyarakat untuk dijual ke luar.

Bacaan Lainnya

Prio, Seorang pengendara truk pengangkut hasil pertanian (jagung) saat dibincangi mengatakan, jika jalan ini merupakan satu-satunya akses untuk dilintasi, akan tetapi kondisi jalan berlumpur yang dalam mengakibatkan mobil pengangkut jagung yang melintas dari dalam hendak keluar tidak bisa melintas. Bahkan yang membuat sedih lagi, mobilnya patah AS (Rusak terbenam dilumpur), sudah berhari-hari.

“Jagung yang saya bawapun mendap di atas mobil hingga berjamuran, kasihan yang punya jagung”, ujarnya, Jumat, (2/4/2021)

Ia berharap sekali kepada pemerintah daerah Kabupaten OKU Timur untuk dapat memperbaiki jalan ini.

“Kasihan para petani di sini mas, untuk mengeluarkan hasil tanamnya saja sulit dan memakan waktu berhari-hari baru bisa mencapai jalan aspal. Ditambah lagi daerah ini terisolir di pinggiran, jadi sewajarnya butuh perhatian yang serius”, harapanya.

Sementara, Kepala Dinas PUTR Kabupaten OKU Timur, Aldi Gurlanda, ST saat dibincangi di ruang kerjanya mengatakan, jika ruas jalan antara Dusun Talang Padang hingga Dusun Gumai Jaya, Kecamatan Jayapura Kabupaten OKUT tersebut, belum tersentuh kegiatan pada tahun 2020.

“Perencanaan awal memang sepanjang 7 km, namun anggaran yang ada belum mencukupi untuk dilakukannya pengerasan ditahun 2020 lalu,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, pada tahun anggaran 2020 pengerjaan kegiatan sudah ditentukan dititik-titik yang sudah menjadi skala prioritas, sehingga dipilihlah titik yang sangat diperlukan. Selain anggaran yang belum mencukupi, faktor alam juga menjadi kendala belum dilakukannya pengerasan jalan tersebut.

“Ruas jalan yang diperkirakan rusak seperti di dusun talang padang hingga Gumai Jaya mungkin ruas jalan tersebut belum tersentuh pada kegiatan tahun lalu. Namun tahun 2021 ini akan kita anggarkan kembali untuk tahap lanjutannya di ruas jalan yang sama dengan anggaran yang bersumber dari bantuan gubernur yang bersifat khusus,” ucapnya.

Untuk mendukung program Bupati 100 hari kerja, ucap Aldi, program pembangunan di ruas jalan Desa Mendah hingga Vila Masin Kecamatan Jayapura Kabupaten OKUT sudah dipaparkan oleh Bupati OKU Timur dihadapan Gubernur Sumsel.

“Untuk itu ruas jalan yang menjadi titik vital akses masyarakat tahun 2021 akan segera dirampungkan,” tukasnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.