Warga Binaan Lapas IIB Empatlawang Diduga Unggah Foto dan Live di FB

Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan Lapas II B Empat Lawang Abdul Hamid, S, Scs

Laporan : Alparizi

Empat Lawang, Sumselupdate.com – Warga binaan permasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIB Empatlawang diduga mengunggah foto dan melakukan siaran langsung (live streaming) di medsos Facebook saat berada di rumah tahanan.

Read More

Dari tangkapan layar melalui ponsel, akun medsos Facebook Putra Elang memperbarui poto profilnya pada 5 Juli 2021 sedangkan akun medsos Facebook Elang Raider memperbarui foto profilnya pada 19 Juli 2021 dan melakukan live streming di medsos mengenakan baju hitam.

Kurangnya pengawasan dari petugas lapas yang menyebabkan kelonggaran para WBP itu bisa memiliki handphone saat berada di rumah tahannan. Padahal seharunya WBP dan pengunjung dilarang membawa handphone ke dalam area tahanan.

Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan Lapas II B Empat Lawang Abdul Hamid, S, Scs saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya tidak menutup kemungkinan adanya handphone di dalam Lapas Kelas IIB Empatlawang.

Namun katanya, pihaknya telah melakukan upaya pencegahan dengan memeriksa dan merazia di dalam Lapas.

“Setiap hari kami lakukan pemeriksaan dan merazia serta membasmi adanya hp di dalam lapas. Setiap hari kami lakukan usaha ini, sehabis apel kami lakukan door to door blok. Seluruh petugas langsug memeriksa dan merazia dari pada kamar hunian itu jangan sampai ada hp atau barang-barang yang terlarang di dalam kamar hunian tersebut,” ucapnya, Rabu (28/7).

Selain itu, lanjut Hamid, upaya pemeriksaan rutin ini juga untuk medeteksi dini masalah-masalah yang ada di kamar hunian WBP.

“Karena di dalam lapas ini pernah ada kejadian adanya lobang untuk WBP melarikan diri. Maka dari itu, kami akan lakukan setiap hari dari bulan Desember lalu sampai sekarang ini,” ujarnya.

Terkait adanya pemberitaan soal handphone WBP, dirinya tidak menyangkal keberadaannya.

“Mungkin handphone itu memang ada disini, oleh karena kita telah gencar melakukan razia dan kemungkinan handphone itu telah dikembalikan ke kluarganya. Mungkin istrinya yang mengupload atau membuat video dan snap tersebut,” jelasnya.(**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.