Wakil Bupati Muratara Dipercaya Menjadi Duta Tagana Sumsel

Jumat, 31 Maret 2017
Plt Kepala Dinas Sosial Belman Karmuda salam komando dengan Wabup Muratara H Devi Suhartoni yang dipercaya sebagai Duta Tagana Sumsel.

Palembang, Sumselupdate.com – Wakil Bupati (Wabup) Musi Rawas Utara (Muratara) H Devi Suhartoni dipercaya sebagai Duta Taruna Tanggap Bencana (Tagana) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Devi Suhartoni menerima selendang Duta Tagana Sumsel perwakilan Kementerian Sosial (Kemensos) dari Kasubdit Penanganan Korban Bencana Alam, Iyan Kusmadiyana, di Hotel Rio Palembang, Kamis (30/3/2017) malam, di sela-sela HUT ke-13 Tagana yang jatuh pada 24 Maret.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Iyan mengatakan sebagai kepala daerah dan Duta Tagana, diharapkan bisa menjadi panutan dan suri tauladan bagi semua anggota Tagana yang lainnya. Sekaligus menjembatani aspirasi yang ada.

 

Wabup Muratara H Devi Suhartoni yang dipercaya sebagai Duta Tagana Sumsel bersama dengan anggota Tagana.

“Perjalanan Tagana tidaklah mudah, saya mengikuti sejak 2004 perkembangannya saya tahu persis, dan bisa terus dikuatkan ikatan saudara, dan sigap dalam bencana,” katanya.

Sementara itu, Devi Suhartono mengaku, telah berkecimpung selama lebih 1,5 tahun sebagai anggota Tagana. Di mana hal itu dilakukan karena didasari jiwa kemanusiaan.

“Di sini harus satu perintah satu aturan satu komando. Di sini anak- anak (anggota Tagana) punya jiwa kesatuan tanpa pamrih, di mana siang malam ditempat banjir, tampah keluhan apa yang mereka lakukan,” katanya.

Ditambahkan Devi, di Sumsel memang sering terjadi bencana banjir dan gempa. Tetapi peran Tagana dalam hal bencana sosial juga tidak terlupakan.

“Seperti di Muratara itu, ada apa- apa lari ke Tagana. Kerbau mau melahirkan saja panggil Tagana. Saya sebagai ketua tanpa dibantu tidak ada apa- apa,” katanya.

Dijelaskan Devi, sebagai Duta Tagana Sumsel, akan membuat program- program Tagana yang bermanfaat bagi 17 kabupaten/kota di Sumsel, dengan tetap harus menjaga marwah dan roh Tagana dengan hal positif, dan kemanusiaan.

“Kita akan melakukan bakti sosial, termasuk di kota Palembang, mengingat Palembang sering terjadi bencana banjir. Baik kegiatan sosial, pelatihan dan sebagainya,” tuturnya seraya mengungkapkan jumlah petugas Tagana di Muratara sebanyak 70 orang dan relawan 1.300 anggota.

Nantinya, kata dia, akan ada pelatihan bagi anggota Tagana dalam menghadapi banjir, bagaimana membuat dapur umum, dan sebagainya dari Kemensos atau unsur terkait lainnya baik Basarnas, Polri, dan TNI.

Di tempat yang sama, Plt Kepala Dinas Sosial Belman berharap, agar Tagana terus melakukan tugas mulianya di usianya yang sudah ke-13 tahun.

“Teruskan ibadah ini, kerelawanan ini jangan terprovokasi apapun, bekerja dengan hati dan kerelaan nantinya akan menuai apa yang kita tanaman. Mudah- mudahan banyak yang jadi kepala daerah nantinya dari anggota Tagana,” katanya. (ery)

 

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.