Virus Corona Varian ‘Delta’ Muncul di Australia, Disebut Lebih Menular

Ilustrasi

Jakarta, Sumselupdate.com – Negara bagian Victoria di Australia untuk pertama kalinya mendeteksi varian virus Corona ‘Delta’ yang lebih menular, Jumat (4/6/2021). Organisasi kesehatan dunia WHO menggolongkannya sebagai variant of concern (VoC).

“Ini adalah ‘variant of significant concern‘,” kata Kepala Staf Kesehatan Victoria, Brett Sutton, kepada Reuters.

Bacaan Lainnya

“Faktanya bahwa ini adalah varian yang berbeda dengan kasus lain menunjukkan bahwa tidak berkaitan, dalam hal penularan, dengan kasus lain,” lanjutnya.

Varian Delta ditemukan pada dua anggota keluarga yang bepergian ke New South Wales dua pekan lalu. Besar kemungkinan keduanya tertular dalam kunjungannya ke wilayah tersebut, namun dibutuhkan beberapa tes untuk memastikannya.

Varian ‘Delta’ adalah nama baru untuk varian B1617.2, salah satu varian yang pertama kali diidentifikasi di India. Sebelumnya kerap disebut sebagai varian India, namun belakangan WHO menyarankan nama tersebut tidak digunakan lagi karena memojokkan negara tertentu.

Sebagai pengganti, WHO memberikan nama baru dengan menggunakan alfabet Yunani. Selain varian Delta untuk B1617.2 dari India, juga ada varian Alfa (Alpha) sebagai nama baru untuk varian baru B117 dari Inggris. (adm3/dtc)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.