Viral Minum Minyak Kayu Putih Bisa Sembuhkan Covid-19? Ini Faktanya

Jakarta, Sumselupdate.com – Beberapa waktu lalu, beredar luas pesan berantai yang menyebutkan bahwa meminum minyak kayu putih dapat mengatasi gejala Covid-19. Namun, kabar tersebut sudah dipastikan hoaks.

Dikutip dari laman covid19.go.id, informasi serupa juga pernah beredar sebelumnya meskipun narasi yang digunakan berbeda. Pada intinya, pesan itu menyebut bahwa minum minyak kayu putih dapat menyembuhkan Covid-19.

Ini pesan viral yang beredar:

“Buat kluargaku
TETAP WASPADA YAH
Tmn positif covid..kluar lendir dr hidung smp bercampur darah..nafas sesak…stlh minum minyak kayu putih..baru berasa enakan jalan nafasnya…

INGAT!! COVID itu ada yah…bukan ANTARA ADA DAN TIADA”

Minyak kayu putih dapat diminum dengan syarat dalam jumlah yang sangat sedikit. Di samping itu, hanya diperbolehkan beberapa tetes dan harus dicampur dengan air putih.

Jika terlalu banyak mengonsumsi minyak kayu putih, justru akan berisiko mengalami keracunan. Beberapa gejala keracunan minyak kayu putih di antaranya keringat berlebih, peningkatan denyut jantung, diare, dan mual hingga muntah.

Lantas, bagaimana hasil penelitian terkait dengan efek minyak kayu putih terhadap Covid-19?

Sebelumnya pernah ada penelitian yang menyatakan bahwa minyak kayu putih bisa membunuh hingga 80 persen virus Corona. Hanya saja, virus Corona yang diujikan adalah jenis Betacorona bukan virus SARS-Cov-2 yang merupakan penyebab penyakit Covid-19.

Pada 9 Maret 2020 lalu, Food and Drug Administration (FDA) dan Federal Trade Commission (FTC) di Amerika Serikat juga sudah mengeluarkan surat peringatan kepada 7 perusahaan yang menjual produk yang tidak disetujui untuk mencegah ataupun mengobati Covid-19 yaitu teh, minyak esensial, tincture, dan koloid perak.

Jadi fakta sebenarnya, minyak kayu putih tidak bisa menyembuhkan Covid-19. (adm3/dtc)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.