Video : Kalista Iskandar Gagal jadi Puteri Indonesia 2020 Gara-Gara Tak Hapal Pancasila?

Sabtu, 7 Maret 2020

Jakarta, Sumselupdate.com – Perjuangan para perwakilan Puteri daerah untuk menjadi Puteri Indonesia 2020 memiliki jalan berliku. Salah satu adalah wakil Sumatera Barat, Louise Kalista Iskandar.

Dalam babak 6 besar final Puteri Indonesia 2020, Kalista Iskandar bahkan diketahui salah dalam menjawab pertanyaan salah satu juri soal Pancasila. Saat itu, dewan juri yang bertanya adalah Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Bacaan Lainnya

Bamsoet, biasa dipanggil, meminta mahasiswi hukum itu untuk menyebutkan sila dalam Pancasila. Ekspresi terkejut tampak dari wajah Kalista saat mendengar pertanyaan itu.

 

Perlahan-lahan, finalis Puteri Indonesia 2020 itu menjawab pertanyaan yang diajukan. Sila 1, sila 2, dan sila 3 bisa dijawab dengan mulus, walau ia menggantikan penyebutan sila dengan nomor.

Namun, kegugupannya tampak saat ia menyebutkan sila keempat.  “Nomor empat, kemanusiaan..,” ucapnya yang buru-buru diralat dengan, “Kemasyarakatan yang dipimpin oleh hikmat/kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.”

Padahal, sila keempat Pancasila semestinya berbunyi ‘Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat/kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.’

Kalista masih berusaha menyelesaikan sila kelima dengan menyampaikan, “Kemanusiaan sosial yang adil dan beradab.” Padahal, yang tepat adalah Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Atas jawaban yang disampaikan tersebut, Kalista tak lolos ke babak selanjutnya. Selain Kalista, dua finalis enam besar lain yang tak masuk babak selanjutnya adalah wakil dari Nusa Tenggara Timur Angel Boelan dan wakil dari Maluku Clara Yokate.

Deretan tiga besar Puteri Indonesia 2020 adalah Jihane Almira Chedid dari Jawa Tengah, Rr. Ayu Maulida dari Jawa Timur, dan Putu Ayu Saraswati dari Bali.

Seperti diketahui, pada malam puncak Pemilihan Puteri Indonesia 2020 mengumumkan perwakilan Jawa Timur, Rr. Ayu Maulida menjadi pemenangnya. (adm3/lip6)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.