Vaksin di Pagaralam, Dimulai Dari 10 Pejabat Pemkot Baru Menyasar 961 Tenaga Kesehatan

IST

Laporan: Novrico Saputra

Pagaralam,Sumselupdate.com – Vaksin Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah didistribusikan ke kabupaten/kota di Sumatera Selatan hari ini. Di Kota Pagaralam, Walikota Alpian Maskoni bakal menjadi yang pertama divaksin dan kemudian diikuti 961 tenaga kesehatan.

Bacaan Lainnya

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Pagaralam, Desy Elviani, usai mengikuti  mengikuti video conference dengan Menteri Dalam Negeri RI, Menteri Kesehatan RI dan Kepala BPBD Nasional, di Kantor Walikota Pagaralam, Selasa (5/1/2021).

Dikatakannya, jika vaksinasi di Sumatera Selatan akan dimulai pada 13 Januari nanti. Setiap kabupaten/kota harus menyertakan sepuluh pejabat pemerintah. Itu artinya di Kota Pagaralam akan dilakukan imunisasi terhadap Walikota Alpian Maskoni, Wakil Walikota Muhammad Fadli, Sekda Kota Pagaralam Samsul Bahri,  dan tujuh pejabat lainnya.

“Jadi imunisasi secara simbolis di Kota Pagaralam akan dilakukan pada 13 Januari 2021, dengan menyertakan sepuluh pejabat pemkot,” sambungnya.

Setelah itu, barulah vaksin akan dilakukan untuk 961 tenaga kesehatan di Kota Pagaralam secara bertahap. Tenaga kesehatan selama ini menjadi garda terdepan dalam melayani kesehatan warga, sehingga mereka berhak mendapatkan perlindungan.

Kedepan pun, mereka tetap jadi andalan dan bakal sering kontak dengan warga, sehingga memang harus steril atau bersih dari virus Covid-19.

Desy Elviani menambahkan berdasarkan keterangan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, Vaksin Sinovac di Sumsel diterima delapan Kabupaten Kota terlebih dahulu yakni, Kabupaten OKI, OI, Muba, PALI Banyuasin, Kota.Palembang, Prabumulih, dan sudah pasti Pagaralam.

Untuk kesiapan, Dinkes Pagaralam sendiri, pihaknya telah menyediakan lemari pendingin di Gudang Farmasi sebagai tempat penyimpanan Vaksin Sinovac.

“Kita masih menunggu jadwal dari Provinsi,  tahap pertama akan didustribusikan terlebih dahulu ke Kabupaten OKI, OI, Muba, PALI, Banyuasin, Kota Palembang dan Prabumulih. Namun demikian Dinkes sudah menyiapkan lemari pendingin sebagai tempat penyimpanan Vaksin Sinovac dan segera melatih tenaga medis untuk melakukan imunisasi,” terang Kadinkes.

Dengan segera dimulainya imunisasi terhadap Virus Covid-19 ini, diharapkan masyarakat tetap waspada dengan tetap mematuhi Protokes Covid-19.  Pemerintah juga akan kembali mengaktifkan posko-posko Satuan Tugas Covid-19, hingga disetiap kelurahan untuk menekan penyebaran virus. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.