Turki Skors 8.000 Polisi

Ilustrasi militer Turki (reuters)

Istanbul, Sumselupdate.com– Pihak berwenang Turki menyebut telah memberhentikan sementara ┬ásekitar 8.000 aparat polisi. Mereka diduga memiliki kaitan dengan upaya kudeta yang gagal akhir pekan lalu.

Langkah ini menyusul penahanan sekitar 6.000 aparat kehakiman dan militer, termasuk para jenderal.

Bacaan Lainnya

Media pemerintah melaporkan, Senin (18/7), bahwa lebih dari 100 jenderal dan laksamana ditahan dalam penggerebekan di sejumlah tempat di negara itu.

Menteri Luar Negeri Amerikat Serikat, John Kerry, menanggapi ‘pembersihan oleh pemerintah Turki dengan mengingatkan pentingnya pemerintahan demokratis. Hal tersebut disampaikannya di Brussels di sela-sela pertemuan dengan para menteri luar negeri Uni Eropa.

“Kami jelas akan mendukung langkah membawa para pelaku kudeta ke pengadilan namun kami juga memperingatkan jangkauan yang ke luar dari situ.”

Sementara itu, delapan perwira militer yang terbang ke Yunani dengan menggunakan helikopter sudah dihadirkan di pengadilan di kota Alexandropouli, di dekat perbatasan Yunani-Turki. Namun sidang dengan dakwaan memasuki Yunani secara gelap ditunda hingga Kamis, (21/7).

Turki sudah meminta ekstradisi mereka, yang mengajukan permohonan suaka di Yunani.

Sebelumnya, dalam pidato di hadapan warga Turki, Minggu (17/7), Presiden Erdogan mengatakan akan mempertimbangkan penerapan kembali hukuman mati, yang dihapuskan tahun 2004 lalu sebagai bagian dari upaya Turki untuk bergabung dengan Uni Eropa. (bbc/shn)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.