Trend Belanja Online, Palembang, Muaraenim, dan Prabumulih Raih Transaksi Tertinggi di Sumsel

Jumat, 25 Agustus 2023
Tokopedia terus gencar menghadirkan beragam inisiatif salah satunya melalui Inisiatif Hyperlocal Tokopedia untuk mendukung para UMKM lokal.

Palembang, Sumselupdate.com – Menyambut usia ke-14 tahun ini, Tokopedia terus gencar menghadirkan beragam inisiatif salah satunya melalui Inisiatif Hyperlocal Tokopedia untuk mendukung para UMKM lokal agar terus berkembang, termasuk di Sumatra Selatan.

Kepala Divisi Corporate Affairs Tokopedia, Rizky Juanita Aziz mengatakan, “Inisiatif Hyperlocal Tokopedia menjadi salah satu upaya Tokopedia untuk membantu sebanyak-banyaknya pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM, untuk memulai dan membangun bisnis hingga makin meraja di negeri sendiri. Bahkan riset Tokopedia dan Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) 2019-2021 menunjukkan bahwa rerata persentase pertumbuhan ekonomi di kota tanpa Hyperlocal Tokopedia tercatat 1,26 persen, sedangkan di kota dengan Hyperlocal Tokopedia angkanya lebih tinggi, yaitu 2,78 persen.”

Inisiatif Hyperlocal Tokopedia berdampak positif dalam mendorong peningkatan jumlah transaksi, pembeli, penjual di Sumatra Selatan.

“Data internal Tokopedia mencatat bahwa Kota Palembang, Kab. Muara Enim, dan Kota Prabumulih merupakan Kota dan Kabupaten di Sumatra Selatan dengan jumlah transaksi, pembeli, dan penjual tertinggi pada semester I 2023,” terang Rizky.

Advertisements

Lebih lanjut Rizky mengungkapkan bahwa kategori Kebutuhan sehari-hari atau Groceries, Elektronik, Fesyen, Rumah Tangga, dan Olahraga, Hobi & Gaya Hidup menjadi kategori yang paling laris di Sumatra Selatan pada Semester I 2023.

Saat ini tercatat sudah ada lebih dari 1,8 miliar produk terdaftar di Tokopedia yang bisa dijangkau oleh masyarakat di 99 persen kecamatan di Indonesia. Ini pun terlihat lewat pengiriman terjauh dari Sumatra Selatan pada semester I 2023 terjadi dari Kab. Musi Rawas ke wilayah Kota Jayapura (Papua).

Di sisi lain, data internal Tokopedia mencatat bahwa kampanye Waktu Indonesia Belanja (WIB), Home Living Salebration, Tokopedia Garage, Tokopedia Tekno, dan Serbu Official Store merupakan kampanye yang paling banyak diikuti oleh para pengguna Tokopedia di Sumatra Selatan selama semester I 2023.

Sementara itu, di wilayah Sumatra Selatan, beberapa produk digital yang paling populer sepanjang semester 1 2023 di antaranya Upgrade Internet dan TV, E-Invoicing, Angsuran Kredit, Properti, dan Tagihan Gas dengan rata-rata kenaikan hingga lebih dari 5 kali lipat dibandingkan semester 1 2022.

Tren Transaksi Tokopedia Affiliate Meningkat di Sumatra Selatan Tokopedia Affiliate merupakan program yang dihadirkan Tokopedia yang dapat digunakan oleh para pengguna untuk mempromosikan produk milik penjual melalui link afiliasi.

“Melalui Tokopedia Affiliate siapa pun menjadi seorang influencer dan berkesempatan untuk mendapatkan penghasilan lebih melalui komisi hingga 10 persen dengan nilai maksimum Rp 50 ribu per penjualan jika terjadi transaksi dari link afiliasi yang dibagikan,” jelas Rizky.

Tokopedia juga mengungkapkan terjadi peningkatan transaksi menggunakan link Tokopedia Affiliate di Sumatra Selatan naik lebih dari 2 kali lipat pada periode semester I 2023 dibandingkan semester I 2022. Pada periode yang sama pula, Tokopedia mencatat bahwa jumlah pembeli yang bertransaksi menggunakan link Tokopedia Affiliate di Sumatra Selatan naik lebih dari 2 kali lipat. (Ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.