Pasar Online di OKU Diresmikan, Belanja Tinggal Pesan, Ongkir Gratis!

PASAR ONLINE-Bupati OKU Drs H Kuryana Azis menghadiri Alacara peresmian Pasar DHD (Pasar Online) di Kecamatan Lubuk Batang, Kecamatan Lubuk Batang, Kabupaten OKU, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Rabu (9/9/2020). (Foto: Amizi/Sumselupdate).

Laporan: Armiziwadi

Baturaja, Sumselupdate.com-Pasar DHD atau Pasar Online di Kecamatan Lubuk Batang, Kabupaten OKU, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), diresmikan Bupati OKU Drs Kuryana Aziz di Plasma Pasar DHD Farm, Rabu (9/9/2020).

Bacaan Lainnya

Komisaris Utama DHD Mitra Indotama, Dodi Sulaiman mengatakan, pada awalnya DHD Mitra Indotama merupakan usaha kelompok tani biasa, hingga menjadi PT Pertama yaitu DHD Mitra Indotama yang regulasinya di pertanian dan perikanan.

“DHD telah memiliki aplikasi yang merupakan hasil karya sendiri dan dengan sistem yang dibangun adalah gratis ongkos kirim (Ongkir) sehingga tidak membebani masyarakat untuk belanja,” terang Dodi di sela-sela peresmian.

Kata dia, belanja berbasis aplikasi ini merupakan karya pengusaha muda Wong Kito. Ide lahirnya belanja sembako online ini berawal dari keinginan untuk mensejahterakan petani dan pedagang kecil di pasar. Di mana para petani sering kali merasa dirugikan dengan permainan harga.

Selain itu, keinginan untuk membantu ibu rumah tangga (IRT) yang kesulitan belanja sembilan bahan pokok (sembako) ke pasar. Apalagi ditengah penyebaran Covid-19, mereka harus menghadapi kerumunan untuk mencari barang berkualitas yang diinginkan kaum ibu.

“Pasar DHD mengajak masyarakat Kabupaten OKU bukan hanya bisa belanja sembako mudah dan murah, tapi kita ingin menciptakan lapangan kerja baru, sesuai dengan harapan pemerintah,” urainya.

Menurut Dodi, banyak keuntungan dari belanja sembako online ke Pasar DHD, di mana pembeli tidak perlu ke luar rumah, tidak perlu repot bayar parkir atau biaya angkot.

“Tetapi cukup pesan antar melalui aplikasi dan juga belanja di Pasar DHD gratis ongkos kirim,” ujarnya berpromosi.

Kepala Cabang Mitra Indotama Kabupaten OKU Heri Setiawan menyampaikan, kegiatan kemitraan dengan jumlah kolam yang sudah terpasang berjumlah 1.001 kolam.

“Mitra kami 70% merupakan masyarakat OKU dan sisanya mitra dari luar daerah, kemudian dalam waktu dekat sudah mempersiapkan untuk membuka plasma kedua seluas 10 hektare plasma 2 di Desa Belatung. Ke depan harapan kami bisa berbuat banyak memberikan kontribusi untuk masyarakat, khususnya petani ikan di Kabupaten OKU,” kata dia.

Bupati OKU Drs H Kuryana Azis, Pasar Online adalah pengembangan usaha anak bangsa untuk menciptakan lapangan kerja dengan inovasi kreativitas.

“Perjuangan telah dilewati dan dengan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki, saya sangat mengapresiasi dan menghargai usaha ini,” jelas Kuryana.

Diharapkan dengan adanya pasar DHD dapat membantu dalam memasarkan hasil pertanian masyarakat, dan memberikan solusi untuk belanja kebutuhan sehat, aman dan juga harga yang murah di tengah wabah Covid-19.

“Di mana pembeli tidak perlu repot ke pasar, tapi barang sudah bisa diantar langsung ke rumah,” pungkas Kuryana. (**)

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.