Tingkatkan Kualitas, Guru Binar dan PT Sampoerna Agro Gelar Program Pelatihan Guru di Kabupaten OKI

Guru Binar bersama PT Sampoerna Agro menyelenggarakan program pelatihan guru di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Jakarta, Sumselupdate.com – Sebagai kontribusi terhadap peningkatan kualitas guru di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel), Guru Binar menyelenggarakan program pelatihan guru di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Program ini dilaksanakan sejak bulan Mei hingga minggu pertama September 2022 dengan total peserta yang mendaftar hingga 500 orang dan tersaring 70 peserta yang menyelesaikan program ini.

Read More

“Program yang dilaksanakan kali ini memiliki proses yang sangat ketat. Dan para peserta yang berhasil menyelesaikan program sudah membuktikan bahwa selain membutuhkan semangat dan motivasi, mereka juga membutuhkan komitmen untuk belajar,” jelas Head of Guru Binar, Juliana.

Juliana menjelakan jika Program Pelatihan Guru ini merupakan program yang menyediakan beragam pelatihan guna meningkatkan profesionalisme guru dan mengakselerasi kualitas pendidikan di wilayah Kabupaten OKI.

Terdapat ragam kelas pelatihan mulai dari durasi tiga jam pelatihan hingga 32 jam pelatihan, yang seluruhnya dilakukan secara daring.

Program ini merupakan bentuk kepedulian Guru Binar bersama PT Sampoerna Agro yang didukung oleh Kemendikbudristek RI terhadap keberlangsungan pendidikan di Indonesia khususnya dalam pengembangan karir guru.

Sementara itu, salah seorang guru SMPN 1 Sirah Pulau Padang, Heri Hartati Rusmeni mengatakan, materi pelatihan pada program ini sangat baik dan berkualitas.

Dikatakannya, setelah mengikuti program ini, kualitas mengajar para guru bisa meningkat karena dalam program itu memberikan banyak tips mengajar dengan nuansa baru.

“Ilmu yang saya dapatkan dari program ini mampu meningkatkan kualitas mengajar saya dan kekurangan-kekurangan dalam diri saya sehingga bisa meningkatkan minat dan pemahaman siswa dengan materi yang saya sampaikan,” katanya.

Untuk diketahui Guru Binar merupakan sebuah platform pengembangan karir guru melalui pelatihan dan beragam pengembangan profesionalisme yang diinisiasi oleh Putera Sampoerna Foundation (PSF) sebagai respon terhadap pandemi Covid 19 dengan tujuan untuk meningkatkan akses pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Dengan berakhirnya program ini bukan merupakan akhir dari suatu upaya dalam pengembangan kompetensi guru melainkan sebuah awal dari upaya pemerataan kualitas guru di Indonesia.

“Pelatihan yang dilaksanakan ini sangat berkaitan dengan kebutuhan saya sebagai guru, Insya Allah saya akan menerapkan dan mempraktikkan materi yang saya pelajari pada rekan-rekan saya baik di komunitas maupun di sekolah,” kata Eko Tranmiyati, seorang guru SDN 1 Talang Jaya. (rel)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.