Tingkatkan Ketangkasan Tagana, Dinsos OKU Timur Gelar Diksar

Plt Kepala Dinas Sosial OKU Timur, Bambang Sutrisno memasangkan tanda peserta Diksar Tagana Muda di Aula BPSDMP Sumsel, Desa Peracak, Kecamatan Bunga Mayang, Sabtu (23/7/2022).

Laporan: Rahmat Agusman

Martapura, Sumselupdate.com – Memasuki musim penghujan yang terjadi beberapa pekan terakhir ini di wilayah Kabupaten OKU Timur, Dinas Sosial OKU Timur menggelar penyelenggaraan pemberdayaan masyarakat terhadap kesiapsiagaan bencana tahun 2022.

Read More

Kegiatan ini dipusatkan di Aula BPSDMP Sumsel, Desa Peracak, Kecamatan Bunga Mayang, Sabtu (23/7/2022).

Bentuk kegiatan ini merupakan dasar bagi Tagana Muda yang bertujuan dapat lebih terampil lagi serta cepat tanggap dalam menanggulangi dampak bencana.

“Dengan diselenggarakannya diksar ini, sebagai upaya¬†koordinasi, kolaborasi, komunikasi, dan kerja sama antar-semua anggota Tagana. Sebagai langkah bentuk koordinasi konstruktif dengan pemerintah daerah,” jelas Plt Kepala Dinas Sosial OKU Timur, Bambang Sutrisno.

Ditambahkan Bambang, makna dan hakiki dari keberadaan Tagana ialah sebagai garda terdepan dalam penangulangan bencana, meskipun saat ini tupoksi Tagana lebih menitik beratkan kepada pasca bencana.

“Dari hasil monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh Dinas Sosial OKU Timur, ditemukan jika masih banyaknya permasalahan yang menjadi kendala dilapangan. Oleh karena itu, saya meminta kepada seluruh anggota Tagana OKU Timur terus dapat membuka mata dan telinga dalam menghadapi cuaca yang sangat ekstrim yang kemungkinan menimbulkan bencana di daearah ini,” imbuhnya

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kegiatan sekaligus Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Jumaidah, SKM, MKes mengatakan, peserta Diksar Tagana Muda ini diikuti sebanyak 70 orang peserta dan dilaksanakan dari Jumat, (22/7) hingga Minggu (24/7) dengan mendatangkan narasumber dari Dinas Sosial Provinsi Sumsel.

Jumaidah menambahkan, tujuan dari kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan menambah keterampilan Tagana Muda di Kabupaten OKU Timur.

“Harapan kita dari kegiatan ini anggota Tagana Muda akan menjadi terampil dan mengerti manajemen bencana, terkhusus dalam mengelola dapur umum lapangan. Serta gerak cepat terhadap kejadian bencana di Kabupaten OKU Timur,” pungkasnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.