Timwas Haji DPR Temukan Kondisi Lift dan Lobi Hotel Tidak Memadai

Penulis: - Minggu, 9 Juni 2024
Timwas Haji DPR Temukan Kondisi Lift dan Lobi Hotel Tidak Memadai
Timwas Haji DPR Temukan Kondisi Lift dan Lobi Hotel Tidak Memadai

Jakarta, Sumselupdate.com — Timwas Haji DPR RI mengunjungi sejumlah pemondokan jemaah haji Indonesia di Madinah, Arab Saudi dan menemukan kondisi lift dan lobi hotel tidak memadai. Dalam inspeksi yang dilakukan di Hotel Huda Taiba pada Sabtu (8/6/2024) itu, Wakil Ketua Komisi VIII DPR yang juga anggota Timwas Haji, Marwan Dasopang, mengatakan, kapasitas kamar hotel sudah mendekati ideal, namun fasilitas lift dan lobi masih perlu perbaikan.

“Jumlah lift sebenarnya cukup, tapi ukurannya kecil. Lobi juga kurang luas mengingat jumlah jemaah kita yang besar, antrean jadi sangat panjang,” kata Marwan.

Bacaan Lainnya

Saat inspeksi berlangsung, sebagian besar jemaah haji sudah meninggalkan Madinah untuk melaksanakan puncak haji di Mekkah. Namun, hotel tersebut akan kembali digunakan jemaah haji gelombang kedua yang akan menuju Madinah setelah dari Mekkah.

Hasil pengecekan Timwas DPR menunjukkan kapasitas kamar di Hotel Huda Taiba masih memadai, dengan 4-6 tempat tidur per kamar.

Marwan mengakui tantangan menyediakan pemondokan yang dekat dengan Masjid Nabawi mengingat banyaknya jemaah haji asal Indonesia.

“Kita akan pastikan fasilitas hotel benar-benar sesuai standar yang layak dan manusiawi. Dalam keputusan Panja, maksimal 5 orang per kamar. Jika lebih, bisa menjadi masalah di kamar mandi,” jelas Politisi Fraksi PKB itu.

Kepala Daker Madinah, Ali Machzumi, yang mendampingi Timwas, menambahkan seluruh jemaah haji Indonesia ditempatkan di kawasan Markazia, dekat Masjid Nabawi.

“Di kawasan Markazia, komposisi kamar bervariasi antara tiga hingga enam tempat tidur, sesuai dengan ketentuan tasreh dari Pemerintah Arab Saudi,” ujar Ali.

Timwas Haji DPR berharap, dengan temuan ini, pihak penyelenggara haji dapat meningkatkan kualitas fasilitas demi kenyamanan dan kelancaran ibadah jemaah haji Indonesia.

Inspeksi ini dilakukan Timwas Haji DPR yang melibatkan anggota dari Komisi VIII, Komisi VI, Komisi XI, dan Banggar. Beberapa anggota yang hadir antara lain Ecky Awal Mucharam (Fraksi PKS), Umar Bashor (Fraksi PDIP), Muhammad Asli Chaidir, dan Delmeria. (duk)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.