Timnas U-16 Diminta Fokus di Laga Semifinal

Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti. [Hiskia Andika Weadcaksana / SuaraJogja.id]

Jakarta, sumselupdate.com – Pelatih Timnas Indonesia  U-16 Bima Sakti meminta anak asuhnya untuk tidak terlalu berlebihan merayakan kemenangan atas Vietnam yang membuat mereka lolos ke semifinal  Piala AFF U-16 2022. Ia tak ingin perayaan yang berlebihan itu mengganggu  konsentrasi para pemain.

“Mental ya pasti gembira semua. Cuma saya tekankan ke mereka kita bersyukur boleh wajib, tapi euforia  yang berlebihan saya enggak setuju sekali,” ujar Bima, dikutif dari suara.com (jaringan nasional sumselupdate.com, Minggu (7/8/2022).

Bacaan Lainnya

Bima mengatakan bahwa skuadnya perlu untuk segera berfokus pada pertandingan empat besar. Sehingga dapat memberikan hasil terbaik siapapun lawan yang akan dihadapi nanti.

“Mungkin mereka bergembira sebentar, lupakan kemenangan tadi malam fokus untuk pertandingan semifinal,” ucapnya.

Ia tak memungkiri beban yang dibawa oleh Garuda Asia semakin berat. Namun pihaknya akan terus meningkatkan motivasi tim untuk pertandingan mendatang.

Selain mengadakan latihan bervariasi untuk persiapan laga empat besar. Hubungan psikologis antara tim pelatih dan para pemain perlu selalu dibangun dengan baik.

“Ya seusia mereka ini mentalnya masih labil ya. Jadi kita harus berusaha bagaimana meningkatkan motivasi mereka, mempertahankan kerja keras mereka yang paling penting itu,” tuturnya.

“Kita adakan latihan bervariasi, kemudian kita juga makan bersama-sama di luar. Jadi tetap menjalin hubungan psikologis baik di luar dan di dalam lapangan,” sambungnya.

Diketahui Timnas Indonesia U-16  memastikan diri melaju ke semifinal Piala AFF U-16 2022. Hal itu menyusul kemenangkan Garuda Asia atas Vietnam dalam laga pamungkas Grup A Piala AFF U-16 2022 pada Sabtu (6/8/2022) malam.

Hasil positif tersebut membuat anak asuhan Bima Sakti tersebut memgantongi tiga poin terakhir di fase grup. Dengan tambahan itu Indonesia dinyatakan lolos ke semifinal sebagai pemuncak klasmen Grup A hasil dari sapu bersih kemenangan di tiga pertandingan.

Sedangkan Vietnam masih harus menunggu kabar dari Grup C untuk memastikan apakah mereka bisa mengikuti jejak Indonesia melalui jalur peringkat kedua terbaik fase grup atau tidak.

Di Grup C Piala AFF U-16 2022 itu masih ada Malaysia yang mengantongi empat poin, Myanmar sama empat poin dan Kamboja tiga poin. Tiga tim itu masih berpeluang untuk melaju ke semifinal.

Pertandingan terakhir Grup C sendiri akan dilaksanakan pada Senin pekan depan yang mempertemukan Myanmar dengan Kamboja dan Malaysia berhadapan dengan Australia. Jika Myanmar dan Malaysia sama-sama menang, maka Vietnam tersingkir.

Sebaliknya, kalau hanya salah satu dari tiga negara itu menundukkan lawannya, maka peluang Vietnam ke empat besar masih terbuka.

Peringkat kedua terbaik fase grup dipastikan tidak berasal dari Grup B karena dalam grup ini maksimal poin yang dikumpulkan runner up-nya adalah lima poin. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.