Timnas Inggris dan Spanyol Miliki Pelatih Baru

Sam Allardyce, pelatih timnas Inggris (reuters)

London, Sumselupdate.com– Timnas Inggris dan Spanyol masing-masing kini memiliki pelatih baru. Timnas Inggris bakal ditukangi Sam Allardyce, sementara Timnas Spanyol diarsiteki oleh Julen Lopetegui.

Sam Allardyce telah resmi ditunjuk menjadi manajer baru timnas Inggris, Jumat (22/7). Seperti dikutip dari BBC Sports, Sam itu akan memimpin timnas Inggris selama dua tahun atau hingga putaran final Piala Dunia 2018.

Kepastian pria berusia 61 tahun itu menjadi manajer timnas Inggris terjadi setelah klub yang diarsitekinya, Sunderland, setuju menerima kompensasi dari otoritas sepak bola negara itu, FA.

Allardyce, sepanjang kariernya tak pernah memenangkan trofi mayor. Pria yang kini menjadi manajer ke-14 timnas Inggris itu hanya pernah membawa Bolton Wanderers dan Newcastle United promosi ke Liga Primer Inggris. Sedangkan di Sunderland, ia hanya sukses membawa tim ini selamat dari ancaman degradasi musim lalu.

Pertandingan pertama Allardyce bersama timnas Inggris nantinya adalah pada September mendatang dalam laga uji coba di Stadion Wembley, London. Adapun lawan dalam laga uji coba itu belum ditentukan.

Kemudian, Allardyce akan memimpin Inggris melalui partai kualifikasi Piala Dunia 2018 pertama melawan Slovakia pada 4 September 2016.

Sementara itu, timnas Spanyol sudah punya pelatih baru. Julen Lopetegui diangkat sebagai pelatih untuk menggantikan Vicente del Bosque.

Julen Lopetegui (Getty Images/Clive Rose)
Julen Lopetegui (Getty Images/Clive Rose)

Del Bosque mundur setelah Spanyol disingkirkan Italia di babak 16 besar Piala Eropa 2016. Menangani Spanyol sejak 2008, Del Bosque menjadi salah satu pelatih tersukses dengan membawa ‘Tim Matador’ menjuarai Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012.

Untuk menggantikan Del Bosque, Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) menunjuk Lopetegui. Namun, tak disebutkan berapa lama durasi kontrak untuk pelatih berusia 49 tahun itu. “Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) telah menunjuk Julen Lopetegui sebagai pelatih baru tim nasional,” demikian bunyi pernyataan dari RFEF seperti dikutip dari Reuters.

Lopetegui tercatat pernah menangani timnas Spanyol U-19, U-20, dan U-21. Dia mengantar Spanyol menjuarai Kejuaraan Eropa U-19 di tahun 2012 dan Kejuaraan Eropa U-21 setahun kemudian.

Pada 2014, Lopetegui melatih klub asal Portugal, Porto. Di musim pertamanya, Lopetegui mengantar Porto sampai ke perempatfinal Liga Champions, sebelum akhirnya dipecat pada Januari 2016.

Laga persahabatan melawan Belgia pada 1 September akan jadi pertandingan perdana Lopetegui bersama La Furia Roja. (ram)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.