Terima Dana DAK 32 Miliar, Enos Launching Pembangunan Infrastruktur

Bupati OKU Timur H Lanosin Hamzah, ST resmi melaunching Pembangunan Infrastruktur Tahun Anggaran (TA) 2022 Kabupaten OKU Timur, di Desa Ulak Buntar Kecamatan Belitang Mulya, OKU Timur, Kamis (14/7/2022).

Laporan: Rahmat Agusman

Martapura, sumselupdate.com – Ditandai dengan pemecahan gendi, Bupati OKU Timur H Lanosin Hamzah, ST resmi melaunching Pembangunan Infrastruktur Tahun Anggaran (TA) 2022 Kabupaten OKU Timur, di Desa Ulak Buntar Kecamatan Belitang Mulya, OKU Timur, Kamis (14/7/2022).

Bacaan Lainnya

Dengan didampingi Kapolres OKU Timur, AKBP. Nuryono, S.H., S.I.K., M.M., Anggota DPRD OKU Timur, serta Kepala Dinas PUTR Aldi Gurlanda, S.T., M.M, Bupati yang akrab disapa Enos ini menyebutkan, jika peresmian ini bertujuan untuk mewujudkan pemerataan pembangunan di Kabupaten yang berjuluk Bumi sebiduk sehaluan ini.

“Pemerintah daerah terus bekerja untuk mewujudkan visi Pemerintah Kabupaten OKU Timur yang Maju Lebih Mulia, dan launching pembangunan infrastruktur ini merupakan salah satu bentuk realisasi pada misi kedua kabupaten kita, yaitu meningkatkan sarana dan prasarana infrastruktur daerah yang berkualitas, adil dan merata,” ujar Bupati Enos.

Ditambahkan Enos, dengan adanya pembangunan infrastruktur di Kabupaten OKU Timur maka dampaknya sangat luar biasa dalam sektor perekonomian. “PDRB merupakan salah satu indikator yang dinilai oleh pemerintah pusat seberapa pantaskah pembangunan yang dapat menimbulkan efek ekonomi pada masyarakat di sekitarnya,” lanjut Enos.

Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) adalah jumlah nilai tambah bruto yang timbul dari seluruh sektor perekonomian di daerah tersebut. Menghitung PDRB bertujuan untuk membantu merancang kebijakan daerah dan perencanaan, serta evaluasi hasil pembangunan, memberikan informasi yang dapat menggambarkan kinerja perekonomian daerah.

Orang nomor satu di OKU Timur ini juga meminta kepada seluruh masyarakat, dan memohon do’a agar pelaksanaan pembanguan di Kabupaten OKU Timur tidak ada hambatan sedikitpun.

“Di tahun 2021 sekitar 78 persen yang baru terbangun, di tahun 2022 janji saya sisa 22 perrsen lagi dan akan segera dibangun. Insya Allah segera dibangun agar kebutuhan dasar masyarakat Kabupaten OKU Timur dapat terpenuhi semua,” pungkasnya.

Sementara, Kepala Dinas PUTR Kabupaten OKU Timur Aldi Gurlanda, S.T., M.M. dalam laporannya menyampaikan, bahwa pada tahun ini Pemkab OKU Timur menerima Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2022 dari Pemerintah Pusat sebesar 32 Milyar Rupiah.

Adapun rincian alokasi pembangunan infrastruktur yang akan dilaksanakan diantaranya Pemeliharaan berkala atau rehabilitasi jalan Simpang Tapus – Srimulyo – Margotani Kec. Madang Suku 2 senilai Rp7.077.996.000, Pemeliharaan berkala atau rehabilitasi jalan Bantan – Pahang Asri – Pemetung Basuki Kec. BP. Peliung senilai Rp3.929.860.000.

Lalu Pemeliharaan berkala atau rehabilitasi jalan Banban Rejo – Kalidua – Kalirejo – Tuan Ulung Kec. Madang Suku ll kecamatan Buay Madang Timur senilai Rp10.250.030.000 dan pemeliharaan berkala atau rehabilitasi jalan Tanjung Kemuning – Ulak Buntar – Margomulyo kecamatan Belitang Mulya dan kecamatan Belitang ll dengan senilai Rp8.769.026.000.

“Selain itu, dari dana yang didapat juga akan dibangun sanitasi di Kabupaten OKU Timur senilai Rp2,3 Milyar,” jelas Aldi.

Aldi juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati OKU Timur atas pengarahan yang telah diberikan, sehingga OKU Timur berhasil mendapatkan Dana Alokasi Khusus tahun 2022.

“Kami mengajak kepada seluruh masyarakat, baik di desa Ulak Buntar dan masyarakat lainnya untuk bersama-sama gotong royong pada proses pembangunan infrastruktur ini,” tutup Aldi. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.