Tekuk Yordania 1-3, Qatar Juara Piala Asia 2023!

Penulis: - Minggu, 11 Februari 2024
Pelanggaran Abulaila terhadap Afif berujung penalti ketiga Qatar. Foto: Getty Images/Robert Cianflone

Lusail, Sumselupdate.com – Qatar memenangi Piala Asia 2023 usai menekuk Yordania 3-1 di babak final.

Akram Afif menjadi pahlawan kemenangan The Maroons dengan tiga gol yang seluruhnya ia ciptakan lewat penalti.

Berlangsung di Stadion Lusail, Sabtu (10/2/2024), Qatar memperoleh peluang bagus di menit ke-7 lewat Akram Afif, namun tembakan chipnya mampu digagalkan kiper Yordania, Yazeed Abulaila.

Afif kembali mendapat kans emas di menit ke-8. Ia sukses mengecoh barisan belakang Yordania, namun tembakannya ke sudut kiri gawang dari dalam kotak penalti mampu dibaca kiper Yazeed Abulaila.

Advertisements

Giliran Yordania menebar ancaman di menit ke-16. Yazan Al-Naimat melepaskan tembakan keras dari tepi kotak penalti, namun berhasil dimentahkan kiper Qatar, Meshaal Barsham.

Penalti untuk Qatar di menit ke-20! Pelanggaran Abdallah Nasib terhadap Afif yang merangsek masuk kotak penalti membuat wasit menunjuk titik putih.

Afif sendiri yang maju sebagai eksekutor, dan sukses menaklukkan Abulaila. 1-0 untuk tuan rumah.

Qatar tak puas dengan keunggulan satu gol. Bek naturalisasi Lucas Mendes nyaris menggandakan skor usai menyambut sepak pojok Afif pada menit ke-32, namun tandukannya dihalau Abulaila.

Yordania terus menekan di sisa waktu babak pertama, namun tembakan jarak jauh Nizar Al-Rashdan pada menit ke-45 melambung di atas gawang, sedangkan upaya Mousa Al-Tamari digagalkan pada injury time digagalkan Barsham. Skor 1-0 menutup babak pertama.

Pada babak kedua, Yordania makin gencar menekan Qatar. Ali Olwan melepaskan tendangan salto pada menit ke-55, namun melenceng di samping gawang.

Tiga menit berselang, kerja sama apik yang berujung tembakan keras Ehsan Haddad sukses ditepis Barsham.

Yordania tak berhenti menekan. Yazan Al-Arab mendapat kans lewat sepak pojok di menit ke-60, tetapi tembakannya ke sudut kiri gawang berhasil ditepis Barsham. Upaya Al-Tamari dua menit kemudian juga digagalkan kiper 25 tahun itu.

Gol yang dicari Yordania akhirnya hadir pada menit ke-67. Yazan Al-Naimat dengan cermat mengontrol umpan lambung Haddad di kotak penalti lalu melepaskan tembakan voli ke sudut kiri gawang Qatar tanpa mampu dihalau Barsham.

Namun skor imbang hanya bertahan sebentar. Qatar kembali mendapat penalti pada menit ke-71 usai tinjauan tayangan ulang yang dilakukan wasit menyatakan Mahmoud Al-Mardi telah melanggar Ismaeel Mohammad di kotak terlarang.

Afif kembali menjadi eksekutor dan untuk kedua kalinya tembakannya terbaca, namun tak mampu dihalau Abulaila untuk membawa Qatar memimpin 2-1.

Afif berusaha mencetak hat-trick pada menit ke-83 lewat tendangan bebas, namun upayanya ke sudut kanan gawang Yordania berhasil ditepis oleh Abulaila. Baru di menit ke-90+5 upayanya itu membuahkan hasil.

Pelanggaran Abulaila terhadap Afif membuat wasit menunjuk titik putih usai mengecek tayangan ulang di pinggir lapangan. Afif yang kembali maju sebagai penendang kini berhasil mengecoh Abulaila.

Skor 3-1 bertahan hingga usai. Ini menjadi gelar kedua secara beruntun bagi The Maroons usai meraih yang pertama pada edisi 2019. (**)

Susunan Pemain

Yordania: Yazeed Abulaila, Abdallah Nasib, Yazan Al-Arab, Salem Al Ajalin, Ehsan Haddad, Nizar Al-Rashdan, Noor Al Din Rawabda, Mahmoud Al-Mardi (Saleh Ratib 81′), Mousa Suleiman, Yazan Al-Naimat, Ali Olwan (Anas Al Awadat 90+5′).

Qatar: Meshaal Barsham, Lucas Mendes, Almahdi Ali (Boualem Khoukhi 81′), Tarek Salman, Mohammed Waad, Hasan Al Haydos (Abdel Aziz Hatem 53′), Ahmed Fathi, Jassem Gaber (Ali Asad 53′), Yusuf Abdurisag (Ismaeel Mohammad 63′), Akram Afif, Almoez Ali.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.