Tak Mampu Bayar Iuran, Banyak Warga OKU Tak Ikut BPJS

Ilustrasi BPJS Kesehatan

Baturaja, Sumselupdate.com – Masyarakat di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) masih banyak yang belum bergabung dengan layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan.

Hal itu disebabkan beberapa faktor. Alasan paling mendasar karena mereka tidak mau membayar iuran wajib tiap bulan. Terlebih masyarakat kurang mampu. Dari pada untuk membayar iuran BPJS, mereka lebih memilih menggunakan uang untuk makan dan kebutuhan sehari-hari.

Bacaan Lainnya

“Makan saja susah apalagi mau bayar BPJS. Uang dari mana kami,” kata Wati, warga Peninjauan.

Keluarganya lanjutnya lebih memilih layanan berobat gratis Jamkesos Sumsel Semesta. Sebab, selain gratis administrasi, untuk mendapat pelayanan kesehatan juga dinilai tidak ribet.

“Saya sudah tanya ke beberapa perawat di rumah sakit. Kalau pakai BPJS hanya dilayani tiga hari rawat inap. Jika mau meneruskan keluar dulu dan daftar lagi. Kalau Jamkesos Semesta dilayani sampai sembuh,” ungkapnya.

Disinggung soal kebijakan yang mewajibkan masyarakat ikut BPJS dan jika tidak bergabung tidak bisa mendapat layanan publik seperti membuat SIM, IMB dan keperluan lainnya, menurut Mustofa warga tak ambil pusing.

Jika memang aturannya diberlakukan demikian, menurutnya pemerintah berarti semakin menyengsarakan rakyatnya. Masyarakat sudah kesulitan memenuhi kebutuhan karena harga barang makin tinggi. Ditambah harus membayar BPJS yang nominal nya dinilai tidak sedikit.

“Masyarakat sudah sengsara mau makan susah. Ini ditambah suruh bayar BPJS. Soal tidak mendapat pelayanan publik, tidak masalah. Di tempat kami banyak rumah tak ber IMB. Sampai sekarang santai saja,” katanya. (yan)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.