Tahun ini Seluruh Penghuni Rusun Dipastikan Sudah Pindah

Jumat, 5 Februari 2016
Rumah susun (rusun) di kawasan 24 Ilir Palembang yang sebentar lagi direvitalisasi.

Palembang, Sumselupdate.com

Revitalisasi rumah susun (rusun) di kawasan 24 Ilir Palembang saat ini sedang dalam proses pemindahan pemilik yang menghuni di rusun di beberapa bagian tower, dari 92 tower yang akan direvitalisasi menjadi semi apartemen.

Bacaan Lainnya

Camat Bukit Kecil, Muflih mengaku, pihaknya yang bertugas mengumpulkan formulir warga yang sudah bersedia pindah sudah mencapai 69 persen dari sekitar 3.600 unit kamar.

“Saat ini para pemilik rusun sedang berurusan dengan yang menyewa kepada mereka, supaya penyewa juga mau tidak mau harus siap pindah. Lalu ada juga yang sedang mengurus permasalahan amdalnya agar di saat pindah tidak ada lagi sangkut-paut yang tertinggal,” kata Muflih saat diwawancarai, Jumat (5/2).

Sebagai Camat, Muflih hanya bisa berpesan kepada pimpinan Pemkot Palembang dan dinas terkait serta Perumnas segera melakukan penyelesaian. Sehingga tidak menjadi berlarut-larut seperti saat ini yang mana masih banyak warga belum mau pindah.

“Bappeda sebelumnya juga sudah berkoordinasi dengan PT SP2J yang menyediakan Rusunawa di Kertapati menjadi lokasi baru mereka. Pasalnya, di Rusunawa tersebut dalam bulan ini sudah bisa ditunggu dan sudah ada warga yang siap pindah ke sana,” ujarnya.

Laporan dari warga, sambung Muflih, Perum Perumnas juga sudah ada yang memberikan uang sewa untuk penghuni yang akan pindah. Jadi, target 2016 ini akan dimulai tampaknya tidak akan meleset.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Palembang, Syafri Nungcik mengatakan, untuk renovasi pembangunan Rusun 24 Ilir, tinggal sebentar lagi karena masih ada beberapa langkah yang harus diselesaikan.

“Desainnya sudah siap. Sekarang kami terus berkoordinasi melakukan sosialisasi relokasi sementara atas rencana revitalisasi rusun yang akan dilakukan oleh Perum Perumnas, hingga saat ini terus berlanjut,” katanya belum lama ini.

Nantinya pemilik rumah tipe 18 per tahun mendapatkan Rp5 juta, tipe 36 mendapatkan Rp7,5 juta, dan Rp10 juta per tahun untuk pemilik rumah tipe 54.

Untuk tahap awal, terangnya, akan direvitalisasi di kawasan 24 Ilir tepatnya di belakang PIM. Semua blok di rusun ini dihuni oleh 3.600 penghuni.

“Setelah direvitalisasi ditargetkan rusun baru ini akan dapat menampung hingga 9.000 penghuni. Jadi tidak hanya penghuni lama, bagi yang ingin memiliki rusun yang akan dibangun semi apartemen ini, juga disediakan Perumnas,” ujar dia. (fzn)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.