Syarief Hasan: Bentuk Karakter Siswa Melalui Keteladanan Guru

Wakil Ketua MPR Sjarifuddin Hasan.

Makassar, Sumselupdate.com – Wakil Ketua MPR  Sjarifuddin Hasan mengatakan, untuk memunculkan karakter siswa sesuai nilai-nilai luhur bangsa, harus dibentuk melalui teori yang diajarkan di kelas dan keteladanan tenaga pendidik serta para alumni.

Menurut Syarief, perilaku guru yang baik akan membekas dalam diri siswa sehingga akan membentuk jati diri mereka.

Bacaan Lainnya

Sedangkan kemajuan dan kehebatan para alumni akan memotivasi siswa  makin giat belajar menggapai cita-cita.

“Dua hal ini sangat penting pada diri siswa agar terwujud generasi muda Indonesia  berkarakter kebangsaan, juga memiliki potensi besar di masa depan,” ujar Syarief saat mengunjungi SMA Negeri 3 Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (8/4/2021).

Syarief menginginkan agar di sekolah itu dibuat semacam database yang bisa diakses siswa, isinya kumpulan para alumni yang sudah menjadi tokoh nasional seperti Mantan Wapres RI Jusuf Kalla dan dirinya yang merupakan sama-sama alumni SMAN 3 Makassar ini.

“Selain membuat rasa bangga karena satu almamater dengan tokoh nasional, para siswa semakin terpacu untuk sukses mengikuti seniornya,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Syarief Hasan berkesempatan berdialog dengan para siswa secara online.

Dalam dialog tersebut dia mendorong siswa  rajin menuntut ilmu agar bangsa ini memiliki banyak sumber daya manusia yang unggul.

“Kalian mesti bersyukur bisa menempuh pendidikan di salah satu sekolah berkualitas di Indonesia.  Kalian harus manfaatkan, jangan disia-siakan. Kalau itu dilakukan dengan sungguh-sungguh saya yakin kalian akan mudah mendapatkan apa yang kalian inginkan. Mungkin saja kalian bisa mengikuti jejak saya bahkan lebih,” tegasnya.

Dia juga mengajak para guru untuk membimbing anak didiknya dengan baik, penuh semangat demi masa depan negara.

Dan, untuk siswa agar selalu mematuhi  guru, serap semua ilmu yang diberikan dengan kesungguhan hati dengan selalu berda  agar diberi kemudahan menempuh pendidikan. (duk)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.