Sumsel Masuki Window of Demografi

Foro bersama usai pengukuhan Prof. H. Garaika sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Trisna Negara, di Kampus C STIE Trisna Negara Kecamatan Belitang Madang Raya, Selasa, (21/12/2021).

Laporan: Rahmat Agusman

Martapura, Sumselupdate.com – Provinsi Sumatera Selatan sama dengan provinsi lainnya di Indonesia, saat ini berada pada masa Window of Demografi. Dimana usia produktif mendominasi dari warga yang non produktif dan belum produktif.

Hal itu disampaikan Prof. H. Garaika, usai pengukuhan dirinya sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Trisna Negara oleh Kepala LLDikti Wilayah II Sumbagsel Prof. Yuliansyah, di Kampus C STIE Trisna Negara Kecamatan Belitang Madang Raya, Selasa, (21/12/2021).

Hadir dalam pengukuhan ini, Bupati OKU Timur H. Lanosin Hamzah, didampingi Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru. Sidang senat sendiri dipimpin dan langsung Ketua STIE Trisna Negara Dr. Hj. Helisia Mgh Garaika.

Usai dikukuhkan, Prof. Garaika, langsung memberikan orasi ilmiahnya yang bertajuk ‘Tantangan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Masa Window of Demography di Indonesia’.

“Perkembangan teknologi membawa banyak kemajuan yang sangat pesat di dunia termasuk di Indonesia. Saat ini kita menghadapi masa Window of Demografi, dimana usia produktif lebih banyak dari pada usia belum produktif dan tidak produktif. Generasi Window of Demografi juga disebut generasi emas, dimana SDMnya aktif, inovatif, intelektual dan spirit tinggi,” ungkapnya.

Ditambahkan Prof. Garaika, di wilayah OKU Timur, pemerintah dan akademisi harus bersinergi membangun sumber daya manusia yang berkualitas, sehingga mampu menghadapi Window of Demografi.

Selain itu menurutnya, perencanaan dan pengembangan SDM sangat penting dalam mengatasi setiap permasalahan di daerah.

“Terima kasih kepada pemerintah Republik Indonesia, Gubernur Sumsel, Bupati OKU Timur, Ketua LLDikti Wilayah II, dan Ketua STIE Trisna Negara atas kepercayaan yang diamanahkan kepada saya,” ujarnya

Selanjutnya, Ketua STIE Trisna NegaraHj. Helisia Mgh Garaika, menyampaikan, ucapan selamatnya kepada Guru Besar STIE Trisna Negara yang baru dikukuhkan.

“Jabatan Guru Besar merupakan jabatan tertinggi dalam dunia akademik, hal ini tentu sangat prestatif karena harus melalui Tri Darma Perguruan Tinggi. Capaian ini bukan hanya capaian dari guru besar sebagai seorang dosen,  namun juga capaian setiap perguruan tinggi. Mari kita berdoa agar apa yang telah diperoleh Prof. Garaika, ini dapat memberikan manfaat bagi dirinya, STIE Trisna Negara dan bangsa ini,” harapnya.

Sementara, Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru mengatakan, kendala paling utama dalam rekrutmen SDM, dalam segala aspek adalah mental itu sendiri. Kemudian memasuki era bonus demografi, jika SDMnya tidak disiapkan secara matang, maka akan menjadi ancaman tersendiri.

“Selamat kepada Prof. Garaika, yang baru saja dikukuhkan sebagai Guru Besar STIE Trisna Negara, satu pesan saya sebagai Gubernur, jadilah profesor yang berguna bagi orang banyak. Sebagai seorang adik, saya juga menyampaikan pesan jaga selalu kesehatan, karena di atas perolehan ini semua, kesehatan lebih penting,” pungkasnya.

Pada pengukuhan juga tampak hadir, Wakil Bupati OKU Timur H.M. Adi Nugraha Purna Yudha, Sekretaris Daerah OKU Timur Jumadi, Kepala OPD OKU Timur, Forkopimda, dan Civitas Akademika STIE Trisna Negara. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.