Sukses Jaga Daerah Bebas Asap Saat Asian Games, BPBD OKI Dapat Bantuan Alat dari Pusat

Kepala BPBD OKI Listiadi Martin.

Kayuagung, Sumselupdate.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) baru-baru ini menerima bantuan perangkat Pusat Pengendalian Operasional (PusdalOps) dari BPBD Pusat.

Kepala BPBD OKI Listiadi Martin saat dibincangi media ini, Senin (21/1/2019) di ruang kerjanya menjelaskan, bantuan perangkat tersebut diterima dari BPBD Pusat pada tahun anggaran 2018 lalu.

Bacaan Lainnya

Perangkat DalOps ini untuk memantau bencana alam yang terjadi. Melalui perangkat ini, kata dia, diharapkan antisipasi penanggulangan bencana alam yang terjadi di OKI lebih cepat. “Kami juga berencana dalam waktu dekat akan melakukan meluncurkan penggunaan perangkat DalOps ini,” ucar mantan Camat Pedamaran ini.

Listiadi menambahkan, melalui perangkat bantuan DalOps ini pula dapat memudahkan komunikasi dengan seluruh BPBD yang ada di Indonesia.

“Sebagaimana beberapa hari yang lalu, kami melakukan telekomference bersama BPBD yang berasal dari daerah lain. Nah, dengan cara ini kami akan mengetahu kondisi cuaca, kasus karhutla termasuk peran serta dan keaktifan masyarakat dalam hal menanggulangi bencana asap khususnya,” paparnya.

Pria yang akrab di sapa Kidi ini mengungkapkan jika pihaknya merasa bersyukur mendapat bantuan perangkat DalOps ini.Sebab lanjut dia, untuk di Sumsel baru empat daerah saja yang

memiliki perangkat tersebut. Yakni, Palembang, Banyuasin, Muba dan Kabupaten OKI.

“Kita juga memiliki radio telekomunikasi yang dapat digunakan untuk menjangkau radio lain yang ada di Palembang serta berkomunikasi dengan personil yang ada di titik rawan bencana,” tuturnya.

Menyinggung tentang bencana asap di OKI, Listiadi mengatakan, jika pada 2018, OKI sukses tanpa asap dalam pelaksanaan Asian Games di Palembang.

“Artinya, kita bukan daerah yang banyak asap selama Asian Games berlangsung. Keberhasilan ini, tentunya berkat kerjasama dan peran aktif dari masyarakat dan stakeholder yang ada,” tukasnya. (ban)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.