Sudah 1 Minggu Terbakar, Bupati Ogan Ilir Akhirnya Datangi Kebun Raya Sriwijaya

Bupati Ogan Ilir tinjau karhutla.

Indralaya, Sumselupdate.com – Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam membantah dirinya tidak pernah terjun ke lapangan selama kejadian kebakaran lahan terjadi di wilayahnya.

Ilyas bahkan membuktikannya dengan mendatangi lokasi Kebun Raya Sriwijaya di Desa Bakung Kecamatan Indralaya Utara, Senin (16/9) yang sudah satu minggu ini terbakar dan belum padam sepenuhnya.

Bacaan Lainnya

Dengan kendaraan dinas, Bupati Ilyas Panji Alam bersama stafnya datang ke lokasi Kebun Raya Sriwijaya Sumatera Selatan sekitar pukul 12.00 siang.

Di lokasi Ilyas langsung mengecek lahan kebun raya yang kondisi gambutnya sudah hangus terbakar. Ia juga meminta penjelasan ke Kepala BPBD Ogan Ilir tentang kondisi terakhir di lokasi tersebut.

Sementara sejumlah petugas BPBD Ogan Ilir terlihat melakukan pembasahan lahan gambut agar api yang di permukaannya sudah padam tidak kembali menyala.

Ilyas Panji Alam membantah tudingan bahwa sebagai bupati ia tidak pernah terjun ke lapangan selama kejadian kebakaran lahan di Ogan Ilir.

Hal itu dibuktikannya dengan datang langsung memeriksa kondisi lahan Kebun Raya Sriwijaya yang sudah sekitar satu minggu ini terbakar.

Ilyas menjelaskan, meski ia jarang ke lokasi namun ia selalu mendapat update laporan kondisi kebakaran lahan di wilayahnya.

“Jadi meski saya tidak datang ke lokasi saya tahu betul tentang kondisi kebakaran lahan dan pemadamannya di Ogan Ilir ini,” katanya dikutip dari laman kompas.com.

Menurut Ilyas kendala proses pemadaman lahan di kebun raya adalah lokasinya yang bergambut dengan kedalaman hingga satu setengah meter. Akibatnya proses pemadaman total tidak mudah dilakukan.

“Meski tidak mudah tim pemadam dari TNI-Polri, Manggala Agni dan BPBD Ogan Ilir terus melakukan upaya pemadaman hingga api benar-benar padam,” katanya.

Ilyas menambahkan Pemkab Ogan Ilir sudah menganggarkan dana untuk penanggulangan kebakaran lahan melalui BPBD Ogan Ilir. Hal itu sebagai bentuk komitmen menanggulangi kebakaran lahan.

Ilyas bahkan meminta BNPB Pusat segera memberi dana penanggulangan (karhutla) ke Ogan Ilir sehingga pemadaman dapat dilakukan secara maksimal. “Berikan dana ke BPBD Ogan Ilir maka pemadaman akan lebih maksimal,” katanya.

Sementara tu dari pantauan luas lahan di kebun raya sriwijaya yang terbakar bertambah dari sebelumnya hanya 22 hektar sekarang diperkirakan sudah mencapai 30 hektar. Sedangkan jumlah tanaman langka yang hangus terbakar dipastikan bertambah juga. (pto)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.