Sosial Media Ikut Pengaruhi Gaya Hidup Warga Palembang

Foto bersama.

Palembang, sumselupdate.com – Kemunculan sosial media, ikut mempengaruhi kehidupan manusia baik individu maupun sosial masyarakat.

Hal ini diungkapkan Dr Yopi Kusmiati M.SI, dalam Seminar Modernisasi Dakwah Berbasis Media dan Perilaku Kemasyarakatan, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang, Rabu (10/8/2022).

Read More

Adanya teknologi informasi dan komunikasi baru telah mengubah perilaku manusia dalam menggunakan teknologi. Hal ini mengakibatkan manusia menemukan cara baru untuk mencari informasi yang tidak dilakukan melalui komunikasi dua arah dan proses komunikasi simetris.

“Sosial media harus dimanfaatkan dengan baik, meskipun ada sisi negatifnya. Termasuk untuk berdakwah, ini bisa dimanfaatkan,” katanya.

Yopi mengatakan, lahirnya sosial media menjadi penggerak perilaku sosial culture. Dari sisi positifnya bisa mempermudah share komunikasi dan negatifnya mudah rentan terhadap sesuatu.

“Ada ketergantungan, ada rasa yang kurang saat tak mengakses HP. Terutama bagi kaum pekerja juga akademisi itu sebuah kebutuhan maka ketergantungan,” katanya.

Meskipun media bebas diakses, tapi bukan berarti bebas dalam bermedia sosial.

“Pesan dan komentar positif, persepsi positif, melihat waktu, filter (saring sebelum sharing), menghormati keberagaman,” katanya. (Iya)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.