Soal Dana Hibah 2013, 470 Anggota LSM Diperiksa Penyidik Kejagung

Tim penyidik Kejaksaan Agung kembali melanjutkan penyelidikan dengan memeriksa 470 saksi dari anggota Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kantor Kejaksaan Tinggi Sumsel, Selasa (26/7)

Palembang, Sumselupdate.com – Setelah menetapkan dua pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumsel sebagai tersangka terkait dugaan kasus korupsi dana hibah 2013 sebesar Rp 2,1 triliun.

Tim penyidik Kejaksaan Agung kembali melanjutkan penyelidikan dengan memeriksa 470 saksi dari anggota Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kantor Kejaksaan Tinggi Sumsel, Selasa (26/7).

Berdasarkan informasi yang dihimpun pemeriksaan telah dilakukan sejak 25 Juli dan baru akan berakhir hingga 7 Agustus mendatang.

“Total ada 470 LSM yang akan diperiksa. Nanti pemeriksaan secara bergelombang, sekitar 40 orang per hari,” ujar seorang LSM yang sedang menjalani pemeriksaan di salah satu ruangan.

Kasus dugaan korupsi dana hibah ini mulai diselidiki Kejaksaan Agung setelah menemukan adanya perubahan anggaran. Semula Pemprov Sumsel menetapkan alokasi dari APBD untuk hibah dan bansos sebesar Rp1,4 triliun.

Namun diubah menjadi sebesar Rp2,1 triliun. Selain itu, selama perencanaan hingga pelaporan pertanggungjawaban terdapat dugaan pemotongan, peruntukan fiktif, dan ketidaksesuaian peruntukan.

Sehingga atas dugaan korupsi ini, negara diindikasi mengalami kerugian miliaran rupiah. (pto)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.