SMA Ini Berikan Sosialisasi Kepada Orang Tua Dahulu Sebelum ke Siswanya

Orangtua/Wali Siswa yang menghadiri sosialisasi pihak sekolah

Baturaja, Sumselupdate.com – Apa yang dilakukan SMA Negeri 2 kecamatan Lubuk Raja kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) ini patut dicontoh oleh sekolah lain. Dalam menghadapi tahun ajaran baru, para siswa baru biasanya mengikuti terlebih dahulu Masa Orientasi Sekolah (MOS) yang sekarang diganti dengan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS). Berebeda dengan SMA ini, pihak sekolah terlebih dulu memberikan sosialisasi program sekolah terhadap para orang tua/wali siswa baru pada tahun pelajaran 2016/2017.

“Ya, ini sosialisasi dikhususkan untuk wali siswa baru, yang dihadiri sekitar 266 peserta,”ucap Agus Sudiana, Spd, MM, Kepala Sekolah SMAN 2, saat dihubungi, Rabu (13/7).

Bacaan Lainnya

Kegiatan yang dilaksanakan di sekolah tersebut disambut antusias para orang tua wali siswa baru. Adapun materi yang diberikan pihak sekolah kata Agus, meliputi, Informasi Program Belajar (KBM), Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah dan tindakannya, Mekanisme Pemilihan Jurusan atau Program Peminatan Kurikulum 2013, informasi layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah dan kerjasama dalam layanan konsultasi Psikologi dengan Biro Psikologi Karya Tunas Bangsa.

Seperti contoh, kata Agus, terkait pelaksanaan tata tertib sekolah dan tindakan yang akan diambil sekolah di mana saat ini banyak kasus guru yang terjerat kesalahan hanya karena masalah sepele terkait hukuman yang diberikan kepada siswa yang bermasalah di dalam sekolah.

Nah, ketimpangan itu diharapkan Agus tak terjadi di SMA yang ia bina saat ini. Oleh karena itu, sebelum siswa baru bersekolah secara resmi di sekolah tersebut maka pihaknya menerangkan dan mengambil kesepakatan terhadap orang tua siswa agar bisa menjalin kerjasama yang baik .

“Jadi setiap kegiatan atau tindakan pihak sekolah sudah kita terangkan kepada orang tua wali siswa. Kalau memang ada siswa yang bandel maka kami langsung memberi tahu kepada orang tuanya dan diberi peringatan,” terang Agus.

Selain itu Agus menerangkan hak lain pun diterangkan pada acara itu yakni terkait jam masuk dan pulang para siswa , dimana untuk SMAN 2 untuk jam pulang sore hari sekitar pukul 16.00 wib lantaran banyaknya kegiatan eksul.

“Kita menyelenggarakan kegiatan ekskul antara lain Pramuka, Paskibraka, PMR, dan Rohis, OSN (matematika, fisika, kimia, biologi, astronomi, ekonomi, komputer, geografi, kebumian-red), kesenian meliputi drumb band, tari, musik, paduan suara, seni baca Al Quran, olahraga sepakbola, voli, basket, tenis meja, bulutangkis, atletik, pencak silat, catur, bridge, pendidikan karakter UKS, 7K, akhlakul karimah,” terang dia. Dan itu telah sesuai dan dituangkan sesuai perjanjian tata tertib sekolah yang ditandatangani oleh Kepsek, Orangtua dan Komite.

“Maka pelaksanaan tata tertib sekolah dilakukan secara terpadu, dengan pemberian sanksi disiplin mulai teguran lisan, panggilan tertulis, perjanjkan bermeterai, sampai pemberhentian siswa,” pungkas Agus. (yan)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.