Singkirkan Swedia 0-2, Inggris Melaju ke Semifinal

Inggris ke Semifinal Usai Tekuk Swedia 2-0. (Foto: Dylan Martinez/Reuters)

Moskow, Sumselupdate.com – Timnas Inggris melaju ke babak semifinal Piala Dunia 2018, setelah sukses menyingkirkan Swedia dengan skor 2-0.

Di pertandingan yang digelar di Samara Arena, Rusia, Sabtu (7/7/2018), gol yang diciptakan Inggris lahir dari dua sundulan baik di babak pertama maupun di babak kedua.

Read More

Gol pembuka Inggris diciptakan Harry Maguire memenangkan duel udara di kotak penalti Swedia.

Bek Leicester City itu berhasil menyambar dan menanduk bola umpan lambung Ashley Young.

Bola meluncur deras masuk dan menggetarkan jala gawang Swedia pada menit 30.

Sedangkan gol kedua diukir Dele Alli lewat sundulan di menit ke-59.

Ketinggalan 0-2, membuat pemain Timnas Swedia berusaha membobol Inggris, namun peluang-peluang emas itu gagal membuahkan gol.

Hingga pluit panjang ditiup wasit, keunggulan Inggris bertahan.

Dengan lolosnya Inggris, tim ini akan menunggu lawan di semifinal antara Rusia menghadapi Kroasia dinihari nanti WIB.

Di pertandingan tersebut, Swedia dan Inggris bermain dengan tempo yang sangat lambat. Kedua tim sangat berhati-hati untuk melancarkan serangan.

Belum ada tembakan yang dilepaskan kedua tim sampai laga berjalan 10 menit. Percobaan pertama baru datang di menit ke-13. Viktor Claesson melepas tembakan dari luar kotak penalti. Bola masih melambung di gawang Inggris.

Inggris melepas percobaan di menit ke-18. Raheem Sterling membangun serangan balik dengan melewati dua pemain Swedia. Bola disodorkan kepada Harry Kane di depan kotak penalti. Tembakan dilepaskan Kane, namun bola masih melebar di sisi kiri gawang.

Ancaman kembali dilancarkan Inggris pada menit ke-24. Kieran Trippier mengirim umpan silang mendatar dari sisi kanan, namun bola berhasil dipotong oleh Robin Olsen.

Kesabaran Inggris dalam menekan Swedia berbuah hasil di menit ke-30. Harry Maguire sukses mencatatkan namanya di papan skor setelah menyundul bola hasil umpan sepak pojok Ashley Young. 1-0 Inggris memimpin.

Swedia masih belum juga keluar menyerang setelah dalam situasi tertinggal. Tim besutan Janne Andersson lebih banyak menunggu untuk mencari kesempatan serangan balik.

Sterling berhadapan satu lawan satu dengan kiper Swedia di menit ke-43. Striker Manchester City itu gagal melewati kiper Swedia, namun bola masih tetap dalam penguasaan Sterling dan memilih melepaskan tembakan daripada mengumpan. Bola tembakan Sterling gagal menghujam gawang Swedia.

Tak ada gol tambahan di sisi waktu babak pertama. Inggris memimpin 1-0 atas Swedia hingga turun minum.

Swedia langsung tampil agresif di awal babak kedua. Peluang didapat pada menit ke-47. Marcus Berg meneruskan umpan silang Forsberg melalui sundulan, namun bola masih bisa ditepis oleh Jordan Pickford.

Inggris perlahan mulai mengambil alih permainan. Tim besutan Gareth Southgate melancarkan serangan lewat umpan-umpan silang.

Upaya itu baru berbuah gol pada menit ke-59. Berawal dari umpan silang Jesse Lingard ke tiang jauh, Dele Alli berhasil menyundul bola dalam posisi bebas. Bola gagal dihentikan Olsen. The Three Lions kini unggul 2-0.

Swedia nyaris memperkecil ketertinggalan di menit ke-61. Claesson melepaskan tembakan, namun bola mampu ditepis oleh Pickford, sementara upaya keduanya sukses diblok oleh Henderson.

Peluang emas kembali didapat oleh Swedia pada menit ke-73. Umpan John Guidetti mampu dikontrol Berg dalam situasi kawalan ketat dari Maguire. Tembakan dilepaskan Berg, namun bola kembali ditepis Pickford

Swedia kembali mencoba menekan di sisa waktu. Beberapa peluang berhasil didapat, namun tak ada satupun yang mampu berbuah gol. Laga pun tuntas dengan skor 2-0 untuk kemenangan Inggris. (dtc/hyd)

 

Susunan Pemain:

Swedia: Robin olsen, Andreas Granqvist, Victor Lindeloef, Ludwig Augustinsson, Emil Kraft, Sebastian Larson, Albin Ekdal, Emil Forsberg, Victor Claesson, Marcus Berg, Ola Toivonen

Inggris: Jordan Pickford, Ashley Young, Kyle Walker, kieran Trippier, Harry Maguire, John Stones, Jordan Henderson, Dele Alli, Jese Lingard, Harry Kane, Raheem Sterling

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.