Singkirkan Everton, Man City Lolos ke Semifinal Piala FA

Guendogan menyundul bola ke gawang Everton/ Twitter

Liverpool, Sumselupdate.com – Manchester City susah payah menyingkirkan Everton untuk lolos ke semifinal Piala FA. Citizens menang 2-0 lewat gol-gol di lima menit terakhir.

Pada pertandingan perempatfinal yang dihelat di Goodison Park, Minggu (21/3/2021) dini hari WIB, City tampil dominan dengan 74 persen ball possesion dan membuat 15 attempts, enam di antaranya on goal. Sementara Everton cuma punya dua shot on target.

Bacaan Lainnya

Meski demikian, City baru bisa membuat gol di menit ke-84 lewat Ilkay Guendogan dan enam menit setelahnya lewat Kevin De Bruyne.

City jadi tim Premier League kedua yang lolos ke empat besar Piala FA setelah Southampton beberapa jam sebelumnya, saat menyingkirkan Bournemouth 3-0.

Jalannya pertandingan Everton Vs Man City

Man City melakukan beberapa perubahan dari laga Liga Champions tengah pekan kemarin. Phil Foden, Gabriel Jesus, dan Raheem Sterling dimainkan. Fernandinho, Ilkay Guendogan, dan Bernardo Silva diturunkan.

City kesulitan untuk membongkar pertahanan Everton. Barulah di menit ke-18 Sterling mendapat ruang tembak dan mengarahkan bola ke pojok kiri gawang yang bisa digapai Joao Virginia.

Everton juga tidak bisa membahayakan gawang Zack Steffen yang menggantikan Ederson di pertandingan. Tapi, di menit akhir babak pertama, tuan rumah nyaris mencetak gol.

Mendapat umpan sepakan bebas Lucas Digne, Yerry Mina mampu melompat tinggi untuk menanduk bola dan Zack Steffen hanya bisa terpaku melihatnya.

Untung ada Oleksandr Zinchenko yang sigap menghalau bola di garis gawang. Hingga turun minum skor 0-0 bertahan.

Masuk di babak kedua, tempo pertandingan meningkat karena kedua tim sama-sama ingin mencetak gol lebih dulu. Everton mendapat peluang di menit ke-58 ketika bola liar jatuh di kaki Richarlison yang langsung menembak, tapi menyamping di sisi gawang Steffen.

Semenit berselang City membalas setelah Fernandinho melewati adangan Yerry Mina dan melepaskan umpan yang disambut tendangan Sterling. Bola dengan cepat ditepis Joao Virginia.

City coba memasukkan Riyad Mahrez untuk mempertajam lini serang pada menit ke-64. Dua menit berselang Mahrez bisa memberikan umpan jitu kepada Foden, tapi sepakan pemain muda Inggris itu masih tidak menemui sasaran.

Everton dengan tenang menunggu di belakang sambil mencari celah melakukan serangan balik. Maka itu City dengan leluasa membangun serangan, tapi sulit untuk menembus.

Kebuntuan akhirnya pecah pada menit ke-84 dan City yang akhirnya unggul 1-0 setelah berkali-kali menekan., Aymeric Laporte membawa bola hingga mendekati kotak penalti City.

Memainkan umpan 1-2 dengan Kevin De Bruyne, Laporte menuntaskan dengan sepakan kaki kanan yang membentur mistar. Bola muntah dengan cepat disundul Guendogan ke gawang kosong.

City memantapkan kemenangan jadi 2-0 pada menit ke-90. Umpan terobosan Rodri membebaskan De Bruyne yang lolos dari jebakan offside dan menggiringnya hingga kotak penalti.

Usai mengecoh Godfrey, De Bruyne dengan dingin menaklukkan Virginia lewat sepakan kaki kirinya. Skor 2-0 cukup untuk meloloskan City ke semifinal Piala FA.

Susunan pemain

Everton: Joao Virginia; Mason Holgate (Alex Iwobi 87′), Ben Godfrey, Yerry Mina; Seamus Coleman, Andre Gomes, Allan, Lucas Digne; Gylfi Sigurdsson; Dominic Calvert-Lewin, RIcharlison.

Man City: Zack Steffen; Oleksandr Zinchenko, Ruben Dias, Aymeric Laporte, Kyle Walker; Bernardo Silva (Riyad Mahrez 64′), Fernandinho, Ilkay Guendogan (Rodri 89′); Phil Foden, Gabriel Jesus, Raheem Sterling (Kevin De Bruyne 80′).(dtc/adm5)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.