Silahturahmi IKKM Berlangsung Sukses, Herman Deru: Jangan Malu Mengaku Warga Komering

Laporan: Haris/Edwar

Palembang, Sumselupdate.com – Acara silaturahmi warga Ikatan Keluarga Komering Mengulak (IKKM) berlangsung sukses.

Read More

Kegiatan yang digelar di halaman Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS) Jakabaring Palembang dihadiri secara langsung Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru, Minggu (7/11/2021).

Dalam acara silaturahmi tersebut, Gubernur Sumsel H Herman Deru menyerahkan secara simbolis bantuan beras sebanyak 3,5 ton untuk warga IKKM yang terdampak Covid-19.

Dalam sambutannya, Gubernur Sumsel H Herman Deru mengaku bangga menjadi warga Komering.

Herman Deru berpesan kepada masyarakat Komering yang ada di perantauan untuk tidak malu mengaku sebagai warga Komering.

Gubernur Sumsel H Herman Deru menyerahkan secara simbolis bantuan beras sebanyak 3,5 ton untuk warga IKKM yang terdampak Covid-19 dalam acara silaturahmi warga Ikatan Keluarga Komering Mengulak (IKKM) di halaman SONS Jakabaring Palembang, Minggu (7/11/2021).

“Jangan malu mengungkap identitas diri, kalau ditanya dari mana jawab dari Komering,” tandasnya.

Herman Deru mengatakan, ada beberapa sifat dan kekhasan yang dimiliki warga Komering. Selain dikenal berkarakter keras, namun sebenarnya warga Komering itu berhati sangat lembut.

“Warga Komering itu kalau sudah ngomong iya pantang berkata tidak. Pun sebaliknya jika ngomong tidak pantang baginya berkata iya,” tegasnya.

Di samping itu, tambah Herman Deru, warga Komering dikenal taat terhadap aturan. Buktinya, dari beberapa pemberontakan di Indonesia, tidak ada dari warga Komering.

“Selain taat aturan, masyarakat Komering dikenal taat terhadap agama, tidak sombong, dan selalu menjunjung adat istiadat. Jadi dengan karakter seperti itu jangan malu untuk mengaku warga Komering,” kata Herman Deru lagi.

Gubernur Sumsel H Herman Deru.

Sementara itu, Ketua Dewan Penasehat/Pembina IKKM DR H Syarwani Ahmad, MM mengucapkan terima kasih kehadiran dan bantuan Gubernur Sumsel dalam bentuk beras terhadap warga IKKM yang terdampak Covid-19.

Syarwani Ahmad mengatakan, warga IKKM siap menunjang dan mendorong pembangunan khususnya di Sumsel.

Ketua Pelaksana Kegiatan Arni Susanto didampingi Ketua IKKM H Helman Bunyamin mengatakan, kegiatan ini untuk memperetat tali silaturahmi warga IKKM yang sempat tak bertemu akibat pandemi Covid-19.

Menurut Arni, silaturahmi yang dihadiri warga perantauan Desa Mengulak yang sudah lama tinggal di Palembang sekaligus bertemu dengan sosok Herman Deru yang merupakan putra asal OKU Timur.

“Kami berterima kasih dengan Bapak Gubernur Sumsel yang telah membantu sebanyak 3,5 ton beras. Bantuan ini akan kita serahkan kepada warga IKKM yang terdampak Covid-19,” kata dia.

Arni menambahkan, IKKM ini mengedepankan kegiatan seperti sosial budaya dan keagaaman yang berfungsi untuk melestarikan budaya Komering.

Dikatakan Arni, saat ini jumlah warga Komering yang tergabung di IKKM berjumlah 2.364 orang yang tersebar di Palembang dan Banyuasin.

Dalam kegiatan silaturahmi tersebut, diisi dengan acara nyanyian adat Komering, aksi pencak silat, dan door prize bagi warga yang beruntung.

Ketua Dewan Penasehat/Pembina IKKM DR H Syarwani Ahmad, MM.

Sekadar membalik sejarah, IKKM terbentuk sejak tahun 1986. Namun pada saat itu namanya masih Himpunan Warga Perantau Mengulak (HWPM ) dengan dewan pendiri: Drs Amiludin Yusuf (alm), Drs H Nangtjik Hakki (alm), Halala (alm), DR H Syarwani Ahmad, MM, Drs H Romzi A Bastari, MPd, Mayor Purn TNI M Dani (alm)

Namun hasil rapat tahun 2006 HWPM diregenerasikan dengan merevisi sebagian AD/ART, logo, dan nama dari HWPM menjadi IKKM.

Pertimbangan revisi tersebut melihat keberadaan masyarakat Mengulak yang mulai tumbuh berkembang  di setiap sudut Kota Palembang, sehingga perlu dibentuk organisasi yang lebih luas dalam cakupan banyak hal.

Tanpa menghilangkan jasa-jasa pendiri HWPM, maka untuk kepentingan organisasi dilakukan penyusunan ulang  dewan pendiri terkhusus IKKM.

Adapun dewan pendiri terkhusus IKKM itu adalah Dr H Syarwani Ahmad, MM, Drs H.Romzi Ahmad Bastari. MPd, Rusdan AR gelar Kapalo Jaya (alm), Arni Susanto, SE, Ali Sufi, SPd, dan Idrus Hasni, SP, MM.

Hasil musyawarah dan mufakat pada Sept 2006 terpilih Ketua IKKM Arni Susanto, SE untuk periode 2006-2010, kemudian dilanjutkan periode 2011-2018.

Setelah itu, periode 2019-2023 terpilih ketua baru IKKM Drs H Hilman Benyamin. (**)

 

 

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.