Si Jago Merah Beraksi Lagi, Habiskan 15 Hektare Lahan Hutan Produktif

Martapura, sumselupdate.com – Tanaman produktif seluas 10 hektare milik PT Musi Hutan Persada (MHP) yang berada di Kelurahan Sungai Tuha Jaya dan Kecamatan Buay Pemuka Peliung, habis dimangsa si jago merah. Diduga, api berasal dari potongan racun nyamuk dan korek kayu.

Sementara itu, kepala Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (DBPBD), Kabupaten OKU Timur, MSG Habibullah ketika dikonfirmasi mengatakan, sejauh ini penyebab kebakaran hutan MHP tersebut masih dalam penanganan.

Bacaan Lainnya

“Penyebab kebakaran hutan MHP diduga kuat ada unsur kesengajaan, sebab kita menemukan barang bukti berupa potongan racun nyamuk, dan beberapa batang korek dalam ikatan di 15 titik kebakaran”, ungkapnya.

Karena kebakaran tersebut, setidaknya 10 hektar tanaman industri habis di lalap api.

“Alat-alat petugas MHP sudah siap siaga, dan tower-tower pemantau kebakaran juga tersedia. Kami juga membantu mengerahkan damkar untuk memusnahkan api apabila api tetap tidak (bisa) dipadamkan,” tuturnya.

Tambahnya, dugaan sementara kebakaran hutan ini adanya unsur kesengajaan, karena setiap satu minggu kebakaran pasti terjadi, setidaknya sudah sebanyak dua kali.

“Kebakaran pertama pada tanggal 18 September dan terulang lagi pada hari Selasa 25 September 2018 dengan total lahan yang habis dilalap api seluas 15 hektar,” pungkasnya. (Mat)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.