Shabu, Senpi, Ganja Dimusnahkan Dihari Bakti Adhiyaksa

Wakil Bupati OKU, Drs Johan Anuar SH MM turut memusnahkan Senpi di hari bakti Adhiyaksa di halaman Kejari OKU

Baturaja, Sumselupdate.com – Kejaksaan Negeri Ogan Komering Ulu (OKU) melakukan pemusnahan barang bukti di halaman kantor setempat, Kamis (22/7), kegiatan ini diketahui dalam rangka hari Bakti Adhiyaksa.

Kejari Baturaja, OKU, Sugeng Sumarno didampingi, Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Baturaja, Aka Kurniawan SH menjelaskan, dalam pelaksanaan ini merupakan barang bukti yang sudah ada keputusan tetap oleh pengadilan.

Rincian, antara lain 123,679 gram narkotika jenis sabu, 54,5 butir Pil Extacy atau seberat 21,150 gram.

“Ganja secara keseluruhan sebanyak 711,893 gram. Selain itu 15 pucuk senjata api (senpi) rakitan berbagai jenis, 45 butir peluruh berbagai ukuran serta senjata tajam 20 buah yang berbagai bentuk ukuran. Barang-barang bukti ini, terdiri dari 122 berkas perkara. 91 berkas narkotika dan 31 berkas perkara senpi,” katanya, ini untuk wilayah OKU.

Untuk daerah Muaradua OKU Selatan, juga dimusnakan, 3,26 gram narkotika jenis sabu, 3 batang serta 483 gram ganja, dan 3 pucuk senpi rakitan dan 11 butir amunisi. Terdiri dari 25 berkas perkara.

“Selain ini masih ada barang bukti yang belum di musnakan. Untuk jumlahnya, belum bisa kita rilis sebab masih belum ada keputusan tetap dari pengadilan,” katanya.

Sementara saat disinggung mengenai tingkat kejahatan di tahun 2016 ini, kata Kejari mengalami penurunan jika dibanding tahun sebelumnya. Namun, secara umum untuk datanya kata Kejari ia tidak hapal. Tingkat kejahatan narkoba di OKU cukup tinggi.

“Datanya ada, namun saya tidak hapal. Untuk narkoba cukup tinggi. Barang bukti narkoba juga masih ada yang belum di musnakan karena belum ada keputusan tetap dari pengadilan.

Seraya mengatakan jika, pemusnahan barang bukti yang masih ada akan dilakukan pihaknya setelah ada keputusan inkra dan sudah mempunyai kekuatan hukum tetap.

Pemusnahan barang bukti itu, dihadiri Wakil Bupati OKU Drs Johan Anuar SH MM, Wakapolres OKU, Kompol Dody Indra Sik, Ketua Pengadilan Negeri, Mimi Yuliani, toko agama dan tokoh masyarakat di daerah Berjuluk Bumi Sebimbing Sekundang.(Yan)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.