Sering Malak Sopir Angkutan Baturaja, Ilham Diciduk Polsek Talang Ubi

Pelaku Ham setelah diamankan Polsek Talang Ubi

PALI, Sumselupdate.com – Akibat kelakuannya yang suka memalak sopir angkutan batubara, Ilham Sahid alias Ham (20), terpaksa harus berurusan dengan jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Talang Ubi.

Pria yang tinggal di Desa Kerta Dewa Kecamatan Talang Ubi, kabupaten PALI ini berhasil diamankan Unit Reskrim Polsek Talang Ubi di bawah pimpinan Ipda Rusli, SH baru-baru ini.

Ham bersama kawan-kawannya sering melakukan pemalakan terhadap sopir angkutan barang yang melintas di jalan Desa Kerta Dewa dan sering melakukan kekerasan apabila korbannya tidak mau memberikan sejumlah uang yang dia minta.

Seperti yang dialami salah satu korbannya, Heriyanto (34) supir pengangkut batubara milik PT EPI yang berasal dari Desa Raja kecamatan Tanah Abang ini pada 11 Februari 2016 lalu sekitar pukul 21.00. Ketika melintas di Desa Karta Dewa, Heriyanto dihadang beberapa orang di antaranya pelaku Ham.

Kemudian, salah satu pelaku meminta uang, namun sang supir tidak bersedia. Karena permintaanya tak digubris, pelaku Ham menarik kerah baju korbannya dan menyuruh turun dari mobil sembari mengancam pakai senjata api rakitan (Senpira). Setelah turun korban lalu dipukuli oleh beberapa orang pelaku.

Beruntung ada seorang warga yang menolong korban, kemudian korban naik kembali kedalam mobil dan menjalankanya.

Rupanya permasalahan itu belum juga selesai, setelah mobil yang dibawa korban melaju beberapa meter tiba-tiba pelaku Ham melompat ke depan mobil sambil memegang kayu kemudian kayu tersebut dipukulkan kekaca mobil korban.

Belum puas melampiaskan aksi brutalnya, pelaku Ham memukul kepala korban dengan kayu. Merasa nyawanya terancam, korban keluar dan berlari dan masuk kerumah salahsatu warga kemudian melaporkan kejadian itu ke Mapolsek Talang Ubi.

“Atas pengaduan masyarakat yang tertuang dalam LP / B / 39 / II / 2016 / SUMSEL / RES M ENIM / SEK TL UBI, tanggal 11 Februari 2016. Pelaku sempat buron selama 3 bulan, namun berkat kerja keras jajaran Unit Reskrim, pelaku ini dapat kita bekuk tadi malam,” beber Kapolres Muara Enim AKBP Nuryanto SIK melalui Kapolsek Talang Ubi Kompol Janton Silaban didampingi Kanit Reskrim Ipda Rusli, SH Rabu (25/5).

Pihaknya juga berhasil mengamankan barang bukti (BB) berupa potongan kayu berbentuk bulat sekitar panjang 1 meter dan 1 bilah senjata tajam (sajam) yang terselip dipinggang pelaku ketika ditangkap.

“Akibat perbuatanya ini, kita jerat pasal 351 KUHP, denhan hukuman penjara maksimal 5 tahun. Sementara pelaku lainnya masih dalam pengejaran,” tandas Janton. (adj)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.