Sempat Berkobar Hebat Selama Satu Jam, Kebakaran Gardu PLTG Jakabaring Berhasil Dipadamkan

Warga saat melntas di dekat lokasi gardu yang sempat terbakar Jumat (16/4/2021) pagi.

Palembang, Sumselupdate.com – Kebakaran besar yang terjadi di Pembangkit Listrik Tenaga (PLTG) Jakabaring Jalan Pangeran Ratu Jakabaring Palembang berhasil dipadamkan, Jumat (16/4/2021) sekitar pukul 06.30.

Kebakaran tersebut dikarenakan sebuah Gardu backup yang berada di dalam PLTG terbakar. Hingga saat ini belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran.

SDM dan Umum PLN UPDK Keramasan, Ira Mayasari mengatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 05.30. Beruntung, hanya sekitar satu jam api berkobar dan belum sempat menjalar ke tempat lain si jago merah berhasil dipadamkan oleh dua unit pemadam kebakaran.

“Kebakarannya belum tahu karena apa, saat ini masih kita selidiki. Alhamdulilah tak ada korban jiwa,” katanya ditemui di lokasi kebakaran.

Dijelaskannya, PLTG Jakabaring milik PLN yang dahulunya difungsikan sebagai backup listrik di kawasan Jakabaring pada saat pelaksanaan Asian Games 2018. Namun, setelah pelaksanaan event akbar daya listrik di kawasan ini dirasa sudah terpenuhi dan PLTG tidak lagi beroperasi.

“Daya di PLTG ini sebesar 17 megawatt. Sebelumnya PLTG hanya untuk Asian Games sekarang tidak dipakai lagi. PLTG ini sifatnya sekarang hanya stand by,” jelasnya.

Sementara itu Eko salah seorang security yang sedang berjaga di Pembangkit Listrik Tenaga (PLTG) Jakabaring Jalan Pangeran Ratu Jakabaring Palembang tiba-tiba terkejut saat sedang berjaga melihat ada api yang berkobar di salah satu gardu back up PLTG, Jumat (16/4/2021).

“Saya tidak tahu dari mana asalnya api, saat saya jaga, tiba-tiba ada api,” ujarnya saat ditemui di lokasi kejadian.

Eko yang sedang berjaga dengan beberapa temannya sempat panik dan coba memadamkan api. Para warga sekitar yang melihat kobaran api pun langsung menuju ke lokasi dan membantu petugas memadamkan si jago merah.

Kobaran api di PLTG pun sempat membesar dan membumbung tinggi. Sempat terdengar ledakan di lokasi kejadian.

“Saya sempat shock melihat api, tadi juga sempat ada ledakan. Beruntung ada warga yang membantu dan PBK datangnya cepat sehingga api bisa dipadamkan,” terangnya.

Kebakaran tersebut dikarenakan sebuah Gardu Backup yang berada di dalam PLTG terbakar. Hingga saat ini belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran. (ron)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.