Semarakkan Bulan Inklusi Keuangan, KSMPM Gibei Polsri Gelar Webinar  

Suasana webinar yang digelar Komunitas Studi Pasar Modal (KSMPM) Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia Politeknik Negeri Sriwijaya (Gibei Polsri), Senin (18/10/2021).

Palembang, Sumselupdate.com – Guna mensukseskan sekaligus menyemarakkan Bulan Inklusi Keuangan (BIK), Komunitas Studi Pasar Modal (KSMPM) Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia Politeknik Negeri Sriwijaya (Gibei Polsri) menggelar webinar, Senin (18/10/2021).

Kegiatan webinar yang diselenggarakan secara daring ini dihadiri 130 orang peserta dari lingkungan Jurusan Adminitrasi Bisnis, Jurusan Akuntansi Polsri, dan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Indonesia.

Read More

Webinar dibuka secara resmi oleh Ketua Jurusan Administrasi Bisnis yang diwakili oleh Ketua Program Studi (Prodi) Manajemen Bisnis, Dr Dewi Fadila, SE, MM.

Suasana webinar yang digelar Komunitas Studi Pasar Modal (KSMPM) Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia Politeknik Negeri Sriwijaya (Gibei Polsri), Senin (18/10/2021).

Dalam webinar ini, ada tiga narasumber yang dihadirkan yakni Kepala Kantor Perwakilan BEI Sumatera Selatan (Sumsel) Hari Mulyono, SE, Fitria Andriani dari Indopremier Sekuritas Palembang, dan Pemimpin Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) Kanwil II Palembang, Adnan Lukman Hatta, SE, MBA.

Dalam sambutannya, Ketua Prodi Manajemen Bisnis Jurusan Adminitrasi Bisnis Polsri, Dr Dewi Fadila, SE, MM berharap kegiatan webinar dapat meningkatkan pengetahuan para peserta di bidang keuangan.

Selain itu, Dewi berharap para peserta nantinya dapat berperan aktif dalam literasi keuangan Indonesia sebagai bagian dari masyarakat keuangan global.

Senada dikatakan Ketua Pelaksana Kegiatan, Restru Familio. Menurutnya, kegiatan webinar ini bertujuan untuk memberikan edukasi keuangan kepada seluruh peserta.

Selain itu, tujuan kegiatan ini untuk melakukan kampanye dan publikasi program literasi dan inklusi keuangan, melakukan akusisi pembukaan rekening dan tabungan serta untuk melakukan penjualan produk/layanan jasa keuangan berinsentif produk mitra yaitu Indopremier Sekuritas Palembang.

Suasana webinar yang digelar Komunitas Studi Pasar Modal (KSMPM) Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia Politeknik Negeri Sriwijaya (Gibei Polsri), Senin (18/10/2021).

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan BEI Sumsel Hari Mulyono, SE dalam materinya berjudul ‘Memacu Pertumbuhan Investor Muda Meningkatkan Inklusi di Pasar Modal’.

MenurutH ari, Indonesia dengan produk domestik bruto sebesar US$ 1.06 triliun yang tertinggi di ASEAN dan nomor enam di Asia masih merupakan pasar investasi yang prospektif.

Ditambah dengan populasi 270 juta penduduk dan bonus demografi 70 persen di antaranya adalah usia produktif menjadikan pasar modal di Indonesia masih menjanjikan.

Diakuinya, menghadapi pandemi Corona Virus 19 (Covid-19) pasar modal di Indonesia sempat mengalami penurunan tajam.

Namun dengan besarnya investasi yang dilakukan pemerintah untuk menghadapi pemulihan pasca-Covid-19 dan peningkatan kemudahan melakukan bisnis selama dua tahun terakhir menjadikan Indonesia menempati urutan ke 73 dari urutan 91 selama dua tahun terakhir.

Hal ini menjadikan Indonesia menjadi pasar modal yang prospektif yang termasuk pada 20 negara dengan perdagangan global terbesar di dunia selama 10 tahun yang memberikan pengembalian terbesar untuk invetasi jangka panjang.

Lain halnya dengan Fitria Andriani dari Indopremier Sekuritas Palembang yang mengajak mahasiswa selaku generasi muda untuk mulai menabung saham.

Fitria mengatakan, pentingnya menabung saham bisa dilihat dan dicontoh berbagai tokoh dari luar negeri dan dalam negeri mulai melakukan investasi saham sejak usia sangat muda.

Dia mencontohkan Warren Buffet yang mulai melakukan investasi saham sejak umur 15 tahun.

“Saat ini mahasiswa mengaplikasikan materi perkuliahan mengenai investasi di pasar modal dengan modal yang minim, di mana dengan modal Rp100 ribu maka mahasiswa sudah bisa membuka akun untuk menabung saham,” jelasnya.

Menghadapi situasi pasar saham yang mengalami penurunan tajam selama masa pandemic Covid-19, Fitria mengingatkan mahasiswa harus terus memantau pergerakan harga saham dan tidak segan untuk melakukan cut-loss untuk mengurangi kerugian akibat penurunan saham.

Nah, saat ini pasar saham sudah memasuki masa pemulihan (recovery) sehingga harga saham mulai bergerak positif sehingga saat ini sudah saatnya para investor mulai melakukan investasi saham.

Nara sumber ketiga, Pemimpin Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) Kanwil II Palembang, Adnan Lukman Hatta, SE, MBA menjelaskan mengenai peran strategis PT Jamkrindo dalam mendukung perekonomian di masa pandemi.

PT Jamkrindo yang dulu bernama Perum Jamkrindo mulai tahun 2020 berubah menjadi PT Jamkrindo termasuk pada Indonesia Financial Group (IFG). Indonesia Financial Group adalah BUMN Holding Perasuransian dan Penjaminan yang beranggotakan PT Jamkrindo, PT Jasa Raharja, PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo).

Kemudian, PT Jasa Asuransi Indonesia (Jasindo), PT Bahana Sekuritas, PT Bahana TCW Investment Management, PT Bahana Artha Ventura, PT Bahana Kapital Investas dan PT Graha Niaga Tata Utama.

Webinar yang digelar Komunitas Studi Pasar Modal (KSMPM) Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia Politeknik Negeri Sriwijaya (Gibei Polsri), Senin (18/10/2021).

Dikatakan Adnah, PT Jamkrindo adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa penjaminan baik finansial maupun non finansial, guna mengatasi masalah permasalahan kekurangan agunan bagi UMKM yang tidak feasible dan tidak bankable yang membutuhkan pembinaan dan akses keuangan, atau pun UMKM yang feasible namun tidak bankable ataupun UMKM yang feasible dan bankable.

Selama masa pandemi, jumlah UMKM yang membutuhkan jaminan PT Jamkrindo meningkat tajam, namun PT Jamkrindo tetap menerapkan prinsip kepatuhan dalam penilaiannya dalam upaya menopang operasi UMKM di masa pandemi.

Acara webinar yang berlangsung selama tiga jam berlangsung meriah dan semarak. Di akhir acara diselenggarakan kuis melalui aplikasi dan disediakan hadiah bagi enam peserta yang beruntung. (rel)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.