Sekolah Tatap Muka, Pemkot Masih Ada Waktu Perbaiki Zona Orange Palembang

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda.

Palembang, Sumselupdate.com – Mendikbud Nadiem Makarim, menegaskan semua sekolah harus sudah membuka belajar tatap muka pada Juli 2021. Tapi, Palembang masih berada di zona orange. Kendati begitu, masih ada waktu untuk menjadikan Bumi Sriwijaya minimal zona kuning atau bahkan zona aman.

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda, mengakui, jika ia cukup cemas jika belajar tatap muka di sekolah dalam kondisi zona Covid belum aman. Sementara arahan dari pemerintah pusat melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  (Mendikbud) dilaksanakan Juli mendatang. Sesuai juga dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri yang telah ditetapkan.

Bacaan Lainnya

“SKB 4 Menteri ini juga dengan catatan jika zona sudah aman dan jika vaksin semua guru juga sudah dilakukan,” katanya, Rabu (31/3/2021).

Ia mengatakan, saat ini semua guru dan pegawai mulai dari TK/PAUD, SD, SMP baik negeri maupun swasta saat ini mulai dalam proses divaksin.

“Ada 17 ribu guru dan pegawai kita harap semua ini bisa divaksin. Dan target kita sebanyak 1,1 juta ini bisa selesai 2021 bukan 2022,” katanya.

Karena itu, ia berharap semakin hari zona di Kota Palembang juga akan semakin membaik. Saat ini zona Palembang masih orange, berharap minimal bisa kuning. Tetapi disadari bahwa kondisi pandemi seperti ini tidak dapat dipastikan dan fluktuatif.

Insya Allah, Juli kita tatap muka tapi kita lihat keadaan dulu. Kita harus pentingkan kesehatan dulu intinya,” katanya.

Ia berharap juga agar tatap muka dapat berlangsung karena banyak orang tua juga sudah mengeluhkan dengan keadaan seperti. Namun, menurutnya kondisi harus benar-benar mendukung agar siswa tetap sehat.

“Sebenarnya juga semua sekolah sudah siap namun kita juga masih menunggu keadaan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang, Ahmad Zulinto mengatakan, secara bertahap saat ini para pendidik dan tenaga kependidikan dilakukan vaksinasi Covid-19. Menurutnya, sekolah SD maupun SMP sudah siap dari sisi protokol kesehatan dan pengaturan jadwal belajar tatap muka selama pandemi.

“Sekolah sudah siap, jadwal sudah disiapkan, nantinya siswa sekolah akan dibagi jadi tidak seluruh siswa masuk hari itu, untuk menghindari kerumunan,” katanya. (Iya)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.