Sekda PALI Tinjau Banjir di Desa Curul, Berikan Bantuan Air Bersih dan Pelayanan Kesehatan

Sekda PALI, Syahron Nazil, SH (baju putih) ketika meninjau lokasi banjir.

PALI, Sumselupdate.com – Sekda kabupaten PALI Syahron Nazil, SH Rabu (29/1/2020) meninjau lokasi banjir di Desa Curup, Kecamatan Tanah Abang, kabupaten PALI.

Kedatangan Sekda PALI didampingi oleh Kepala BPBD, Kepala Satpol PP, Kepala Dinas Sosial, serta Kepala Dinas Kesehatan.

Bacaan Lainnya

Tidak cukup meninjau dari kejauhan, Sekda pun turut mendayung perahu melihat secara langsung kondisi warga yang terkena imbas banjir.

“Paling parah terkena imbas banjir adalah Desa Curup Kecamatan Tanah Abang. Kita tinjau bersama OPD terkait, diantaranya BPBD, Dinsos dan Dinkes serta tim penanggulangan bencana. Karena instansi itu terlibat ketika ada kejadian seperti ini,” kata Sekda.

Langkah awal Pemkab PALI menanggulangi banjir di wilayah Kecamatan Tanah Abang disebutkan Sekda adalah mengupayakan keselamatan warga.

“Kita pantau kesehatannya, dan mengevakuasi warga apabila air terus naik. Intinya langkah awal saat ini mengutamakan keselamatan warga,” tukasnya.

Diakui Sekda bahwa imbas banjir sudah ada beberapa keluarga yang telah mengungsi, namun sebagian besar masih bertahan di rumahnya masing-masing.

“Kita dirikan posko, dan langkah selanjutnya kita tengah lakukan kajian termasuk untuk atasi banjir yang biasa di alami warga Desa Curup pada khususnya,” tandasnya.

Sementara itu, Junaidi Anwar, SE kepala BPBD Kabupaten PALI menerangkan bahwa  kondisi yang berada di Desa Curup belum dikategorikan darurat. Namun, kendati demikian, pihaknya bersama dinas terkait siaga 24 jam.

“Ketinggian air mulai dari 150 Cm hingga 200 cm. Desa Curup menjadi desa yang paling parah terdampak banjir, karena kondisi desa yang cukup rendah serta bersebelahan dengan Sungai Lematang. Sehingga, apabila di wilayah hulu turun hujan, maka ketinggian air di Sungai Lematang sebelah desa Curup akan naik dan menyebabkan banjir,” jelasnya.

Sedikitnya sudah ada tiga keluarga yang mengungsi ke rumah keluarga yang berada di luar desa Curup. “Saat ini Pemerintah Kabupaten juga telah membuka pelayanan kesehatan, posko banjir serta memberikan air bersih untuk warga,” pungkasnya. (adj)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.