Sederet Nama Mentereng Terancam Gagal ke Senayan, Dari Artis Hingga Adik Kandung Ahok  

Penulis: - Kamis, 14 Maret 2024
Adik Ahok, Harry Tjahaja Purnama. [Suara.com/Ismail].

Jakarta, Sumselupdate.com – Sejumlah nama calon anggota legislatif atau caleg terkenal memperebutkan enam kursi DPR RI di daerah pemilihan (dapil) DKI Jakarta I. Bisa dibilang dapil DKI I ini adalah dapil neraka, sejumlah nama mentereng berebut kursi Senayan.

Namun demikian, tak semua nama-nama caleg terkenal itu bisa meraih kursi DPR RI. Berdasarkan hasil perolehan suara di dapil yang mencakup Kota Jakarta Timur ini, beberapa nama mentereng terancam gagal.

Mulai dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo yang merupakan caleg Partai Golkar hingga caleg PDIP Harry Basuki Tajhaja Purnama yang merupakan adik eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) gagal mendapatkan kursi.

Berdasarkan penghitungan menggunakan metode Sainte Lague sebagaimana diatur dalam undang-undang pemilu, PDIP hanya memperoleh 1 kursi.

Jatah itu didapat oleh caleg PDIP Putra Nababan dengan perolehan suara 105.559. Sementara Partai Golkar gagal mengamankan kursi dari dapil Jakarta I.

Selain itu, caleg yang juga pesohor Ayu Azhari juga terancam gagal sebab PAN juga tak mendapatkan kursi dari dapil ini.

Ada pula pendakwah Yusuf Mansur dari Perindo yang juga terancam gagal mengingat partai yang diketuai Harry Tanoesoedibjo ini kalah bersaing.

Berdasarkan penghitungan konversi dari hasil rekapitulsi suara tingkat nasional untuk Provinsi DKI Jakarta pada rapat pleno yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU), partai dan caleg yang berhasil mendapatkan kursi di dapil DKI Jakarta I ialah PKS 2 kursi (Mardani Ali Sera dan Anis Byarwati), PDIP 1 kursi (Putra Nababan) Gerindra 1 kursi (Habiburokhman), PAN 1 kursi (Eko Hendro Purnomo), dan PKB 1 kursi (Hasbiallah Ilyas). (**)

Berikut deretan nama caleg gagal pada perebutan kursi di Dapil DKI Jakarta I:

Harry Basuki Tjahaja P (PDIP) 23.559 suara

Dito Menpora (Golkar) 55.560 suara

Wanda Hamidah (Golkar) 10.839 suara

Ahmad Ali (Nasdem) 56.364 suara

Ayu Azhari (PAN) 9.911 suara

Faldo Maldini (PSI) 56.725 suara

Yusuf Mansur (Perindo) 4.245 suara

Aiman Witjaksono (Perindo) 8.605 suara

Buni Yani (Ummat) 4.428 suara

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.