Sebelum Asian Games, Pembangunan LRT Harus Rampung

Jumat, 12 Februari 2016
Pembangunan proyek LRT yang ada di Kota Palembang.

Palembang, Sumselupdate.com

Hingga saat ini pembangunan Light Rail Transit (LRT) di kota Palembang tidak ada masalah. DPRD Sumsel berharap sebelum pelaksanaan Asian Games, proyek LRT sudah bisa dirampungkan.

Bacaan Lainnya

“Kemarin karena lambat koordinasi akhirnya soal penanaman tiang pancang menggunakan sistem bor, karena kalau tidak menggunakan bor maka merusak jalan kiri dan kanan. Kita sudah koordinasi dan mereka sudah bertanggung jawab,” kata Wakil Ketua Komisi IV DPRD Sumsel Yulius Maulana, Jumat (12/2).

Sedangkan pemerhati sosial Bagindo Togar Bb menilai pembangunan LRT yang dipersiapkan untuk menyambut Asian Games 2018 harus berkesinambungan dengan lingkungan dan sumberdaya alam yang ada di Sumsel.

Proyek LRT yang membentang sepanjang kurang lebih 30 kilometer dari bandara ke beberapa titik di kota Palembang telah mengambil sebagian dari wilayah hijau kota yang telah ditanami kurang lebih 1500-2000 pohon dan tanaman yang telah ditanam di sepanjang jalur yang dilalui LRT.

Seharusnya ada kebijakan alternatif agar pohon dan tanaman yang telah ditanam dan dirawat selama ini bisa dialih tanam ke wilayah yang masih kosong lahan hijau, atau bisa dialihtanam ke sekolah-sekolah, agar Kota Palembang ini bisa tumbuh modern serta ramah lingkungan.

“Pembangunan LRT ini juga harus menyerap sumberdaya manusia tidak hanya dari mulai pembangunan namun berkelanjutan ketika proyek LRT ini selesai dan berjalan yang nantinya akan menciptakan lapangan kerja baru di Sumsel ini, sehingga peran dari putra daerah dalam menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) ini lebih siap dan bertambah dalam memajukan daerahnya,” katanya. (erk)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.