Sambut Hari Raya Idul Adha, Disunahkan Puasa Arafah, Ini Jadwal dan Keutamaannya

Ilustrasi Puasa Arafah.

Jakarta, Sumselupdate.com – Puasa Idul Adha merupakan puasa sunah Arafah yang dianjurkan oleh para ulama untuk menyambut hari raya Idul Adha 2022.

Puasa Idul Adha 2022 jatuh pada tanggal berapa? Puasa sunnah Idul Adha ini bertepatan dengan orang-orang yang sedang haji di Tanah Suci melaksanakan wukuf di Padang Arafah.

Read More

Jika dilihat dari periode waktunya puasa Idul Adha 2022 jatuh pada tanggal 9 Dzulhijjah atau 1 hari sebelum Hari Raya Idul Adha 1443 H.

Jadwal Puasa Idul Adha 2022 

Dalam kalender nasional jadwal puasa Idul Adha 2022 jatuh pada tanggal 7 Juli 2022. Meskipun demikian, kita dianjurkan untuk menunggu hasil keputusan sidang isbat dari Kementerian Agama (Kemenag) pada Rabu, 29 Juni 2022.

Niat Puasa Idul Adha 2022

Sama seperti melaksanakan puasa Ramadhan, untuk melaksanakan puasa Idul Adha 2022 juga harus dilakukan dengan membaca niat puasa Arafah.

Puasa dibaca malam hari sebelum subuh. Adapun bacaan niat puasa Idul Adha 2022 adalah sebagai berikut:

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Arafah lillâhi ta‘âlâ.

Artinya, “Aku berniat puasa sunnah Arafah esok hari karena Allah SWT.”

Akan tetapi, jika ada yang kelupaan untuk membaca niat puasa Idul Adha di malam hari, dapat dibaca di siang hari seketika itu juga ketika ingat.

Adapun bacaan niat untuk dilafalkan di siang hari puasa Idul Adha 2022 adalah sebagai berikut:

Nawaitu shauma hâdzal yaumi ‘an adâ’i sunnati Arafah lillâhi ta‘âlâ.

Artinya, “Aku berniat puasa sunnah Arafah hari ini karena Allah SWT.”

Keutamaan Puasa Idul Adha 2022

Melaksanakan puasa Idul Adha memungkinkan kita untuk meraih berbagai keutamaan di antaranya:

1. Menghapus dosa di masa lalu Rasulullah SAW bersabda “Puasa di hari Arafah menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.”

Merujuk pada sabda Nabi tersebut maka dapat kita dapat percaya bahwa dosa-dosa kita selama setahun lalu akan terhapuskan apabila puasa Idul Adha 2022 kita diterima oleh Allah SWT.

2. Membebaskan kita dari api neraka Hadist Riwayat Muslim meriwayatkan bahwa “Tidak ada hari yang di dalamnya Allah membebaskan hamba-hamba dari api neraka lebih banyak daripada di hari Arafah.”

Berdasarkan hadist riwayat tersebut, maka kita dapat yakin bahwa kita terbebaskan dari api neraka dengan khusyuk melaksanakan puasa Idul Adha.

Demikian itu informasi berkaitan dengan Puasa Idul Adha 2022 jatuh pada tanggal berapa. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda. (src)

 

 

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.