Sambut Asian Games, DPJPP Ganti Lampu Jalan Dengan LED

Rabu, 3 Februari 2016
Salah satu lampu jalan yang menyala di sepanjang jalan menuju Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

Palembang, Sumselupdate.com

Guna menyambut penyelenggaraan Asian Games di Kota Palembang, Dinas Penerangan Jalan, Pertamanan, dan Pemakaman (DPJPP) akan mengganti semua lampu jalan utama dengan LED. Program penggantian semua lampu jalan ini sudah memasuki tahapan lelang.

Bacaan Lainnya

“Saat ini masih dalam proses lelang. Jadi jika selesai barulah masuk tender dan pihak mana yang akan menjadi investor mengelola lampu LED tersebut usai lelang selesai,” kata Kepala Dinas PJPP Palembang, Rubinsi saat diwawancarai di kantor Walikota Palembang, Rabu (3/2).

Mengenai lokasinya, menurut Rubinsi, menyebar di semua wilayah Kota Palembang. namun untuk saat ini belum semuanya melainkan di jalan utama, yaitu mulai dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II, Kolonel H Barlian, Jenderal Sudirman, dan HA Bastari, Jakabaring.

“Sepanjang jalan itu merupakan akses utama menuju venue-venue Asian Games. Jadi penerangan jalan sangat diutamakan. Barulah ketika memasuki 2017 dan 2018 ditargetkan semua jalan menggunakan LED,” ujarnya.

Ditanyai mengenai anggaran lampu LED tersebut, Rubinsi tidak bisa memastikan besarannya, yang jelas bisa menelan biaya miliar rupiah.

“Meski membutuhkan biaya yang begitu besar dipastikan bisa menghemat biaya sekitar 50 persen dari lampu yang saat ini. Kalau lampu yang dipakai sekarang tagihan per bulannya menelan Rp5-6 miliar per bulannya,” ungkapnya.

Rubinsi menjelaskan, saat ini Kota Palembang harus menganggarkan sekitar Rp160 miliar untuk lampu jalan dan listrik saja bukan untuk kegiatan.

“Ke depan kita akan melakukan upaya penghematan anggaran. Karena hal itu harus dilakukan, apalagi saat ini ada pemangkasan anggaran sebesar 20 persen,” tuturnya.

Selain ingin mengganti lampu LED tersebut, pihaknya juga sedang menyiapkan lampu-lampu penerang di jalan baru yang ada seperti kawasan Kebun Sayur yang saat ini berganti nama Jalan HM Noerdin Panji serta jalan lain yang masih gelap akan diterangi. (fzn)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.