Saksi Terdakwa Malah Kuatkan Dakwaan JPU Kejari

Terdakwa dugaan korupsi Dana BOS, Nurmalah Dewi .

Palembang, Sumselupdate.com – Sidang dugaan korupsi Dana Bos yang menjerat terdakwa Nurmalah Dewi mantan Kepsek SD Negeri 79, kembali jalani sidang dengan agenda mendengarkan keterangan saksi meringankan (Ade Chad) terdakwa.

Di hadapan majelis hakim yang diketahui hakim Mangapul Manalu, SH, MH, kuasa hukum terdakwa menghadirkan langsung  saksi Veroza, di PN Tipikor Palembang, Rabu (24/11/2021).

Menurut saksi Veroza mengatakan, dirinya melihat penyerahan sejumlah uang dari Bank, yang dilihat oleh saksi diambil oleh terdakwa beserta tiga orang lainnya.

“Kebetulan saat itu saya ikut dengan terdakwa dan tiga orang lainnya yakni Jumiah, Endang serta Yulianiza ambil sejumlah uang pencairan dana Bosnas,” ungkap saksi Veroza.

Saat dicecar majelis hakim, dari mana saksi Veroza tahu bahwa pencairan sejumlah uang yang dimaksud di bank itu adalah dana Bosnas, yang dijawab oleh saksi Veroza tahu dari cerita terdakwa dan tiga orang lainnya tersebut.

“Namun jumlah nominalnya berapa dan digunakan untuk apa uang itu saya tidak mengetahuinya pak, karena saat itu mereka berempat langsung menghadap meja kasir bank, saya hanya melihat dari jauh,” tuturnya.

Dikonfirmasi usai sidang, JPU Kejari Palembang, Hendy Tanjung, SH, mengatakan bahwa keterangan terdakwa tersebut justru menguatkan dakwaan yang dibuat penuntut umum.

“Jelas keterangan itu mendukung dakwaan penuntut umum, meskipun saksi itu dihadirkan sebagai saksi meringankan dari pihak terdakwa,” ujar Hendy diwawancarai usai persidangan.

Ia menjelaskan dari keterangan saksi itu, semakin memperkuat bahwa adanya pencairan dana BOS di SD N 79 Palembang untuk triwulan ketiga oleh terdakwa.

“Nyatanya uang itu tidak diserahkan penuh oleh terdakwa, hanya beberapanya saja, itulah seperti yang dikatakan ahli serta dakwaan penuntut umum menjadi kerugian negara,” tegasnya Hendy.

Sementara, terkait adanya dugaan aliran dana yang disinyalir turut diterima pihak lain selain terdakwa, Hendy mengatakan itu nanti dalam pembuktian persidangan selanjutnya, dengan agenda mendengarkan keterangan terdakwa. (ron)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.