Saat Kenalan dengan Orang Baru, Orang Sukses Lakukan 7 Hal Ini

kenalan baru (ilustrasi)

Palembang, Sumselupdate.com– Di antara kita mungkin ada yang tidak nyaman saat harus bertemu dengan orang atau kenalan baru. Tetapi di dunia pekerjaan, bertemu dengan orang baru bisa disebut suatu keharusan.

Sebab, bertemu orang baru dapat membantu kita dalam meringankan beban kerja, sekaligus memperluas koneksi. Bahkan bagi para orang sukses, kesempatan bertemu orang baru seringkali dimanfaatkan dengan baik. Mereka tahu, semakin banyak berkenalan dengan orang baru, semakin luas pula pergaulannya. Ini membuka peluang bagi mereka untuk bisa membentuk koneksi pertemanan yang lebih baik.

Lantas, apa saja yang dilakukan orang sukses saat berjumpa kenalan baru? Dikutip dari Inc, seperti dilansir Liputan6.com, Sabtu (30/7), berikut 7 hal yang dilakukan oleh orang sukses saat berkenalan dengan orang baru:

1.Melakukan riset sebelumnya

Orang sukses biasanya akan melakukan riset terhadap orang yang akan ia temui. Selain dapat memahami latar belakang lawan bicara dengan lebih baik, hal ini juga dapat membuat mereka lebih percaya diri saat berbicara.

2. Mempersiapkan bahan pembicaraan

Setelah melakukan riset, ada baiknya apabila Anda juga mempersiapkan bahan pembicaraan apa saja yang ingin disampaikan nantinya. Bahan pembicaraan ini juga berguna agar percakapan yang dilakukan dapat terasa lebih menyenangkan dan jauh dari bosan.

3. Memahami karakter setiap orang

Setiap orang memiliki karakternya masing-masing, hal ini berdampak pada gaya komunikasi yang mereka miliki. Orang sukses mengerti bahwa ia harus mampu untuk memahami karakter setiap orang agar mampu menciptakan komunikasi yang baik.

4. Tersenyum dan memperlihatkan itikad baik

Cara yang dapat dilakukan untuk menunjukkan keramahan adalah memperlihatkan senyum dan memperlakukan orang dengan itikad baik. Selain akan mendapat sambutan yang baik, nantinya Anda pun dapat lebih mudah untuk memulai komunikasi dengan orang yang Anda inginkan.

5. Menatap mata lawan bicara

Satu cara yang dapat dilakukan untuk menunjukkan bahwa Anda sedang fokus memperhatikan adalah dengan menatap mata lawan bicara. Cara ini juga efektif apabila Anda ingin menciptakan percakapan yang dinamis.

6. Memperhatikan budaya setempat

Setiap orang memiliki gaya komunikasi yang berbeda-beda. Bagi mereka yang datang dari daerah yang berbeda, akan lebih sulit untuk menyesuaikan dengan kebiasaan komunikasi setempat. Untuk itu, jangan lupa untuk menyesuaikan gaya komunikasi Anda dengan lingkungan sekitar. Gaya komunikasi yang baik dapat membuat Anda lebih mudah untuk diterima.

7. Memperhatikan lingkungan sekitar

Mengenal orang dengan lebih dekat ternyata tidak harus dilakukan ketika berbicara. Anda juga dapat mengenal kepribadiannya dengan lebih baik lewat barang serta kebiasaannya yang terlihat. Untuk itu, jangan lupa untuk memperhatikan lingkungan sekitar saat Anda sedang berkomunikasi. Siapa tahu Anda bisa mendapat informasi lain tentang lawan bicara Anda. (shn)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.