Rumah Warga di Bantaran Sungai Dendan Lahat Terancam Longsor

Seorang warga menunjukkan bibir Sungai Dendan longsor

Laporan : A Putra

Lahat, Sumselupdate.com – Hujan deras yang terjadi di Desa Pagar Kaya Kecamatan Suka Merindu Kabupaten Lahat, mengakibatkan bibir Sungai Dendan longsor dan ancam rumah warga setempat.

Bacaan Lainnya

Kepala Desa (Kades) Pagar Kaya, Yudi Asni membenarkan, telah terjadi tanah longsor, karena tergerus air Sungai Dendan, tepatnya dibelakang rumah warga.

“Sebelumnya ditempat yang sama, satu rumpun bambu terbawa arus aliran sungai, ini terjadi lagi longsor susulan di belakang rumah warga ini,” ungkapnya, Selasa (26/04/2022).

Yudi juga mengatakan, meski belum ada rumah warga yang terdampak longosor, namun pihaknya tetap khawatir jika terjadi sesuatu yang tidak diharapkan bersama. Dalam waktu dekat akan segera melapor dan mengusulkan pembangunan tanggap bencana kepada pihak terkait. Tanah yang longsor 6 meter dengan kedalaman ke dasar sungai 3 meteran.

“Cukup dalam dan jika terus dibiarkan, khawatirnya longsoran semakin bertambah,” Ujar Yudi.

Sementara itu, warga setempat Pansi (45) mengatakan, Desa kami ini dikelilingi Sungai Dendan dipastikan hampir seluruh bibir sungai yang membentang dibelakang Desa belum ada pembangunan tembok penahan tanah atau drainase.

“Belum adanya pembangunan, sehingga tanah labil dan mudah longsor, khususnya kalau Sungai Dendan tangah meluap,” tukasnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.